Analisis Kebutuhan Evaluasi Pembelajaran Keunikan Tari Lenggang Nyai Bagi Siswa SMP N 1 Wanasari berbasis Game Online “Flip Tiles”

Najwa Karunia Bahar, Wahyu Lestari

Abstract


Intisari. Tujuan penelitian ini membuat inovasi alat evaluasi pembelajaran seni makna tari berbasis game online, berdasarkan analisis kebutuhan bahwa dijumpai SMP N 1 Wanasari belum mengaplikasikan model evaluasi berbasis online. Berdasarkan assessment di lapangan SMP N 1 Wanasari masih menggunakan alat evaluasi konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah RND. Resert kualitatif digunakan untuk menjaring data empiris analisis data kebutuhan, resert kuantitatif digunakan untuk menguji validitas dan reabilitas inovasi evaluasi game quiziz “flip tiles”. Pengembangan yang dihasilkan alat evaluasi pembelajaran sesuai kekinian mengacu kurikulum Merdeka belajar. penelitian menunjukan bahwa evaluasis berbasis game online quiziz flip tiles sangat evisien dan praktis digunakan oleh siswa sma. 90% peserta didik dapat menjawab siswa dengan bagus. Simpulan penelitian menunjukan bahwa model evaluasi berbasis game online quiziz “flip tiles” sangat di perlukan peserta didik memenuhi kriteria kurikulum Merdeka yang mengacu pada pembelajaran inovatif.

Kata kunci: evaluasi pembelajaran, pembelajaran tari, tari lenggang nyai, game online, flip tiles

 

Abstract. This research aims to innovate an online game-based dance learning evaluation tool based on a needs analysis at SMP N 1 Wanasari which has not yet implemented an online-based evaluation model. Based on field assessments, SMP N 1 Wanasari still uses conventional evaluation tools. The research method used is RND. Qualitative research is used to collect data for empirical analysis of data needs, quantitative research is used to test the validity and reliability of flip tile quiz game evaluation innovations. Development that produces contemporary learning evaluation tools that refer to the Merdeka Belajar curriculum. Research shows that online game-based flip tile quiz evaluation is very efficient and practical for use by high school students. 90% of students can answer students well. The research conclusion shows that the evaluation model based on the online flip tile quiz game really requires students to meet the Merdeka criteria which refer to innovative learning.

Keywords: bamboo music, music learning, south kalimantan music cultural capital


Full Text:

PDF

References


Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024

Hayati, I., & Lestari, W. (2022). Analisis kebutuhan evaluasi pembelajaran tari kreasi kelas IX di SMP Negeri 1 Sapuran. Imaji, 20(1), 88–94. https://doi.org/10.21831/imaji.v20i1.46200

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., Afriliani, F., & Online, G. (n.d.). BERMAIN BERSAMA PENGETAHUAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ONLINE WORD WALL. 3, 70–77.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Salma, M. F. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Flip Tile Quiz Group Competition Dalam Blended Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. 6(2), 559–569. https://doi.org/10.29408/jpek.v6i2.6639

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Sunarto, S. (2018). Pengembangan Kreativitas-Inovatif Dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2348

Moleong jexi. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (-, Ed.; 30th ed.). PT Rosda karya offsite.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v8i2.17934

Article Metrics

Abstract view : 94 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by

            


View Our Stats

Flag Counter     

 Creative Commons License

All publications by Pelataran Seni are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License