Apresiasi Musik Klasik di Kalangan Pendidikan Musik Kota Banjarmasin

Wen Fang, Sumasno Hadi, Sulisno Sulisno

Abstract


Intisari. Intisari. Musik klasik merupakan musik yang memiliki kualitas tinggi, memiliki keindahan yang estetik dalam harmonisasi lagu. Musik klasik juga merupakan musik yang rumit dan kompleks, sehingga untuk memahami musik tersebut memerlukan waktu yang lama karena banyak yang harus dipelajari dan didalami, maka dari itu di kalangan pendidikan musik formal, khsusnya para mahasiswa Pendidikan Seni Pertunjukan Universitas Lambung Mangkurat minat musik memiliki tingkat apresiasi yang berbeda terhadap musik klasik. Metode penelitian yang dipakai dalam penulisan ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan penelitian dalam penulisan ini yaitu tingkat apresiasi musik klasik di kalangan pendidikan musik lembaga formal di Banjarmasin. Hasil dari penelitian ini musik klasik di kalangan masyarakat pendidikan musik termasuk populer dan tingkat apresiasi musik klasik itu sendiri rata – rata sampai tahap mengamati dan menghayati belum sampai ditahap mengevaluasi maupun tahap mengapresiasi. Tingkat apresiasi juga mempengaruhi dalam mengukur kemampuan memahami musik klasik teruntuk mahasiswa/I pendidikan seni pertunjukan minat musik sangat berpotensi untuk mengajarkan dan mengembangkan ilmu yang di dapat tentang musik klasik di sekolah.

Kata kunci: Apresiasi, Popularitas, Musik klasik, Pendidikan Formal

 

Abstract.
Abstract. Classical music is music that has high quality, has aesthetic beauty in the harmonization of songs. Classical music is also complicated and complex music, so understanding this music takes a long time because there is a lot to learn and deepen in studying classical music, therefore in music education circles in formal education namely Students of Performing Arts Education who are interested in music have different levels of appreciation of classical music. The research method used in this writing is a qualitative research method with a descriptive type, namely describing or describing the research in this writing, namely the level of appreciation of classical music among music education formal institutions in Banjarmasin. The results of this research are that classical music among the music education community is popular and the level of appreciation of classical music itself is on average up to the observing and living stage, not yet evaluating or appreciating. The level of appreciation also affects the ability to understand classical music, for students of performing arts education who have an interest in music, which has the potential to teach and develop the knowledge they get about classical music at school.

Keywords: Appreciation, Popularity, Classical Music, Formal Education


Full Text:

PDF

References


Bafadhol, Ibrahim. 2017. Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam. Pendidikan Agama Islam STAI Al Hidayah Bogor. 69(11) 60-61.

Cillessen, Antonius H.N & Marks, Peter E.L. 2011. Conceptualizing and Measuring Popularity. Radboud Univesity. 26-29

Dewi, Rosa A. 2018. Hubungan Popularitas di Sosial Media dengan Rasa Percaya Diri pada Management Putri Hijab Provinsi Lampung Angkatan 2017. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 23-28

Hopmeyer, Andrea & Parkhurst, Jeniifer T. Sociometric Popularity and Peer-Perceived Popularity. The Journal of Early Adolescence 1998. 18(2) 125-144

Muttaqin, Moh, dkk. 2008. Seni Musik Klasik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Pattikawa, Andre W. 2014. Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Gedung Konder Musik Klasik di Yogyakarta. E-Journal.uajy.ac.id. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Rondhi, Moh. 2017. Apresiasi Seni dalam Konteks Pendidikan Seni. Jurnal Imajinasi. 11(1)

Setyowati, Anita. 2019. Pengaruh Pemberian Terapi Musik Klasik Terhadap Kecemasan Pada Pasien Pre Spinal Anestesi di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. (Dipolma Thesis, Poltekes Kemenkes Yogyakarta) 15

Sobandi, B. 2008. Konsep Pembelajaran Apresiasi Seni. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v8i2.19559

Article Metrics

Abstract view : 142 times
PDF - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by

            


View Our Stats

Flag Counter     

 Creative Commons License

All publications by Pelataran Seni are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License