Kelayakan Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android pada Mata Pelajaran Seni Budaya
Abstract
Intisari. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang berupa mobile learning yang berbasis android pada mata pelajaran seni budaya. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) di mana langkah-langkah yang dilakukan menggunakan model pengembangan Plomp. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator ahli diperoleh skor rata-rata sebesar 91,67% dengan kategori sangat valid. Kemudian pada tahap uji coba terbatas yang dilakukan pada 20 orang peserta didik kelas VIII dengan hasil penilaian seluruh responden dihitung sehingga mendapatkan nilai sebesar 84,67 dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan seluruh hasil tersebut maka penilaian peserta didik terhadap media pembelajaran mobile learning berbasis android dinilai cukup baik dan menarik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan media pembelajaran mobile learning berbasis android valid dan memiliki nilai keaktifan yang sangat tinggi.
Kata kunci: android, media pembelajaran, seni budaya, mobile learning
Abstract. The purpose of this research is to produce a learning media in the form of mobile learning based on Android for the subject of cultural arts. This research is a research and development (R&D) study, where the steps are carried out using the Plomp development model. Based on the validation results conducted by three expert validators, an average score of 91.67% was obtained, categorized as "very valid." Then, in the limited trial phase conducted with 20 eighth-grade students, the assessment results from all respondents were calculated, resulting in a score of 84.67, categorized as "very high." Based on all these results, it can be concluded that students' assessment of the Android-based mobile learning media is quite good and attractive for use in learning activities. So, it can be concluded that the Android-based mobile learning media is valid and has a very high level of effectiveness.
Keywords: android, learning media, arts culture, mobile learning
Full Text:
PDFReferences
Aripin, I. (2018). Konsep dan Aplikasi Mobile Learning dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bio Education, 3(1), hlm. 1-9.
Adzan N. K., dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tari Bedana Berbasis Android. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(1).
Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik (1st ed.). Yogyakarta: UNY Press.
Hadi, A. (2020). “Analisis Self Concept, Keaktifan, Dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Smp Negeri Se-Kota Banjarmasin Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Hartono, R. (2014). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid (3th ed.). Yogyakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).
Hisni, M. (2020). “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMPN Kelas VIII”. Skripsi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Kadir, dkk. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group
Kim, D., Rueckert, D., Kim, D., & Seo, D. (2013). Students Perceptions and Experiences of, 17(3), pp 52–73.
Meriyati. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Lampung: Fakta Press IAIN Raden Intan Lampung.
Muin, A. (2017). Keterampilan Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Seni Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), hlm. 133-135.
Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2003). UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 2 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2003). UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Dasar, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta
Retnoningsih, D.A. (2017). Eksistensi Konsep Seni Tari Tradisional Terhadap Pebentukan Karakter Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika Jurusan PGSD, 7(1), hlm. 20-29
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), hlm 59-72.
Rusman, dkk (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru (2nd ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Sadiman, dkk. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, Adinda S. P, dkk. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Rainbow Board di Sekolah Dasar. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika 3(6), hlm. 3251-3265
Sari, R. M. C. (2021). Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Materi Kerajinan Tangan Memayet Kain Sasirangan Bagi Siswa Kelas VIII C Di SMP Negeri 17 Banjarmasin.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALVABETA
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v8i1.19560
Article Metrics
Abstract view : 60 timesPDF - 27 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by
View Our Stats