Feminisme dalam Tubuh Laki-Laki pada Film A Man Space

Haekal Ridho Afandi

Abstract


Pada perkembangan film sampai sekarang ini, sedikit ditemukan film yang menggunakan satu gender. Hal ini dikarenakan para pembuat film menganggap bahwa laki-laki dan perempuan adalah bagian yang sangat integritas dalam sebuah film. A man space adalah film fiksi pendek karya Haekal Ridho Afandi yang hanya menggunakan satu gender yaitu laki-laki. Film ini mengadopsi sifat maskulin dan feminim di dalam satu tubuh manusia. Persoalan yang diangkat pada film ini bukan hanya pada perempuan yang melakukan emansipasi, namun juga emansipasi dari sisi laki-laki. Laki-laki pada film ini diposisikan berada pada gerakan perjuangan untuk lepas dari kuasa perempuan. Film ini bertujuan untuk menciptakan kesan dan pesan baru, bahwa atas dasar kebudayaan, laki-laki memiliki peranan yang lebih penting dan berusaha kembali mengemansipasi dirinya dari tekanan-tekanan yang dihadirkan perempuan, dengan gerakan feminisme.

Kata Kunci: a man space, tanpa wanita, maskulin, feminim, satu tubuh


Keywords


a man space, tanpa wanita, maskulin, feminim, satu tubuh

References


Al-Hakim, Ali Husain. 2005. Membela Perempuan. Jakarta: Al-Huda.

Cornwall. 1997. The Cultural Construction of Place. English: Patten Press.

Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra.

Echols, John M. dan Hassan Shadily. 1983. Kamus Inggris Indonesia (Cetakan ke-XII). Jakarta: Gramedia.

Fakih, Mansour. 2001. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Cetakan ke-VI. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Goldberg, Susan. 2017. National Geographic Indonesia Ekspresi Gender. Jakarta: Kompas Gramedia.

Hall. Calvin S & Gardner Lindzey. 1993. Teori-Teori Psikodinamik (Klinis). Yogyakarta: PT Kanisius.

Hayward, Susan. 2000. Cinema Studies, The Key Concepts. London and New York: Routledge.

Javandalasta, Panca. 2011. 5 Hari Mahir Bikin Film. Jakarta: Java Pustaka Group.

Jung, Carl Gustav. 1986. Menjadi Diri Sendiri: Pendekatan Psikologi Analitis (Terjemahan Agus Cremers). Jakarta: Gramedia.

Kristanto, JB. 2004. Nonton Film Nonton Indonesia. Jakarta: Kompas.

Lefebvre, Hendri. 1991. The Production of Space. USA: Blackwell.

Matsumoto, David. 2009. The Cambridge Dictionary of Psychology. New York: Cambridge University.

Mulia, Siti Musdah. 2004 Islam Menggugat Poligami. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pratista, Himawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Showalter, Elaine (Ed.). 1989. Speaking of Gender. New York & London: Routledge.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Stilgoe, John R. 1994. The Poetics of Space. United States of America: Library of Congress Cataloging-in-Publication Data.

Sutrisno, Mudji & Hendar Putranto. 2005. Teori-Teori Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.

Taylor, Richard. 1982. The Poetics of Cinema. Swansea: Routledge Kegan Paul and Harvard University Press.

Diskografi

“Buried”, Director Rodrogo Cortés, Spanyol, Genre Film (long) Thriller, 2010.

“Exam”, Director Stuart Hazeldine, United Kingdom, Genre Film (long) Thriller, 2009.

“NAY”, Director Djenar Maesa Ayu, Indonesia, Genre Film (Long) Road Movie, 2015.

“2+2=5”, Director Babak Anvari, Germany Genre Film (Short) Drama, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v3i1.5211

Article Metrics

Abstract view : 54 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode (Print & Online): 

 

Indexed by:

    

Flag Counter                    

 

 Creative Commons License

All publications by Pelataran Seni are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License