Seni Kriya Kain Perca sebagai Media Pengembangan Kreativitas Mahasiswa
Abstract
Intisari
Artikel ini merupakan hasil penelitian yang membahas topik tentang pengembangan kreativitas mahasiswa dalam matakuliah Seni Budaya dan Keterampilan di Univseritas Ahmad Dahlan (UAD), khususnya melalui media seni kriya kain perca. Dua aspek yang akan digali dari topik tersebut adalah mengenai (1) karakteristik dan (2) proses hingga hasil pembuatan medianya. Metode penelitian menggunakan pende-katan penelitian deskriptif-kualitatif, dengan subjek penelitiannya adalah sejumlah mahasiswa PGSD UAD yang mengikuti matakuliah Seni Budaya dan Keterampilan pada tahun 2017. Pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan/observasi terkendali, wawancara, dan studi dokumen. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, penya-jian dan penarikan simpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah: (1) karya seni kain perca pada mahasiswa PGSD UAD memiliki unsur-unsur seni rupa dan prinsip desain yang lengkap, namun dalam posisi low art: (2) proses pembuatan dari awal hingga akhir produk lebih mengarah ke makna ekonomi-industri. Karya seni kain perca para mahasiswa ini lebih berfungsi praktis, sedangkan fungsi hiasan merupakan unsur pendukung saja.
Kata kunci: seni kriya, kain perca, pengembangan kreativitas, mahasiswa PGSD
Abstract
This article is the result of research that discusses the topic of deve-loping student creativity in the subject of Cultural Arts and Skills at the Ahmad Dahlan University (UAD), particularly through patchwork craft art media. Two aspects that will be explored from this topic are (1) characteristics and (2) the process to the results of the media making. The research method used a descriptive-qualitative research approach, with the research subjects being a number of UAD PGSD students who took the Cultural Arts and Skills course in 2017. Data collection used controlled observation techniques, interviews, and document study. The data were analyzed through the stages of reduction, presentation and drawing conclusions or data verification. The results of this study are: (1) the patchwork artwork of PGSD UAD students has elements of fine art and complete design principles, but in a low art position: (2) the process of making from beginning to end of the product is more towards economic meaning-industry. The students' patchwork works are more practical, while the decoration function is only a supporting element.
Keywords: craft art, patchwork, creativity development, PGSD students
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfauzani, I. 2008. Karya Seni Grafis Hardboardcut: Kehidupan Pasar Tradisional. Proyek Studi Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.
Bastomi, S. 2003. Konsep dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Handout Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang
__________. 2003. Seni Kriya. Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Semarang.
________. 1988. Apresiasi Kesenian tradisional. Semarang: IKIP Semarang Press.
Rohidi, T R. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang: CV Cipta Prima Nusantara.
Rondhi, Moh. & Sumartono, Anton. 2002. Tinjauan Seni Rupa I. Handout Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Semarang.
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sunaryo, A. 2002. Nirmana I. Handout Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Semarang.
Triyanto. 2007. Estetika Barat. Yayasan Titian Masa Depan (Titian Foundation): Jakarta Yogyakarta: ANDI Offset.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v4i2.5219
Article Metrics
Abstract view : 912 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 512 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by
View Our Stats