Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Rebana di RA Nahdlatus Shibyan (Rans) Kabupaten Jepara

Ayu Fitria Arliyanti, Mochammad Usman Wafa

Abstract


Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis stra-tegi pembelajaran ekstrakurikuler musik rebana di RA Nahdlatus Shibyan Kabupaten Jepara. Penelitian dilakukan secara deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dan uji keabsahan data dilaku-kan dengan derajad kepercayaan dan triangulasi. Komponen-komponen pembelajaran yang diteliti adalah kompinen proses, materi, metode, media dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh pelatih musik rebana. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pembelajaran ekstrakurikuler musik rebana di RA Nahdla-tus Shibyan menggunakan strategi pembelajaran langsung dan strategi penerapan metode ceramah, demonstrasi, dan metode drill.

Kata Kunci: strategi pembelajaran, metode pembelajaran, musik rebana

 

Abstract

This study aims to identify and analyze the extracurricular learning strategies of rebana music in RA Nahdlatus Shibyan, Jepara Regency. The research was conducted descriptively through a qualitative approach. Research data collection was carried out through three techniques, namely observation, interviews and documentation. Data analysis techniques and data validity tests were carried out by means of degree of confidence and triangula-tion. The learning components studied were process components, materials, methods, media, and learning evaluations carried out by the rebana music trainer. The results of this study explain that the extracurricular learning strategy of reban music at RA Nahdlatus Shibyan uses direct learning strategies and teaching strategies of lecture, demonstration, and drill methods.

Keywords: learning strategy, learning methods, reban music


Keywords


Strategi Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Musik Rebana

References


Arsyad, A., (2002), Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azwar, S., (2004), Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Banoe, P., (2003). Kamus Musik, Yogyakarta: Kanisius.

BSNP, (2006), Panduan Pengembangan Diri untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNP.

Hamalik, (2005), Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamruni, (2012), Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani.

Luthfa, I., & Aspihan, M., (2017), Terapi Musik Rebana Mampu Meningkatkan Kualitas Tidur Lansia. Jurnal Kesehatan, VIII, 345–350.

Majid, A., (2014), Belajar dan Pembelajaran. (P. Latifah, Ed.), Belajar dan Pembelajaran (02 ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pratidina, N. N., (2017), Penerapan Metode Mendongeng dalam Pembelajaran Electone Dasar bagi Anak Usia Dini di Yamaha Music School Kudus, 6(1)

Riyandi, M. F. R. M. H. N. (2015). Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Perkusi di SMA Negeri 7 Bandung, 3(3).

Ruhimat, T., (2013), Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W., (2006), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar (p. 111). Jakarta: Rajawali Pers.

Setiawan, A. Y. (2015), Strategi Pembelajaran Ansambel Musik Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 2 Bantul.

Suknadinata, & Syaodih, N., (2013), Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Weldiana, Daharnis, & Mudjiran, (2012), Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Konsultasi Remaja (SKR) Di Sekolah Menengah Atas 7 Padang. Jurnal Ilmiah Konseling, 1(2), 1–15.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v5i1.7178

Article Metrics

Abstract view : 707 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1037 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by

            


View Our Stats

Flag Counter     

 Creative Commons License

All publications by Pelataran Seni are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License