Implementasi Pembelajaran Seni Tari pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Srengat

Duwi Aprilia Wati, Endang Wara Suprihatin Dyah P., Rully Aprilia Zandra

Abstract


Intisari

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pem-belajaran seni tari pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Srengat. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ob-servasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimu-lai dari tahap pengumpulan data, tahap reduksi, tahap penyajian data, serta tahap penarikan simpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber dan triangu-lasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pem-belajaran seni tari pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Srengat meliputi kegiatan awal, inti, dan akhir. Kegiatan inti meli-puti penerapan metode, media pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Kegiatan akhir meliputi evaluasi pembelajaran yaitu peni-laian proses dan penilaian hasil. Kesimpulan penelitian ini yaitu, tindakan dan langkah nyata yang dilakukan guru pada pelak-sanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari dapat meningkatkan daya serap yang dimiliki peserta didik dan berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik secara teori dan praktek. Saran bagi pe-neliti selanjutnya diharapkan dapat membuat media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga memaksimalkan kegiatan eks-trakurikuler seni tari menjadi lebih aktif dan efektif.

Kata kunci: pembelajaran seni tari, ektrakurikuler, SMP Negeri 2 Srengat

 

Abstract

The purpose of this study was to describe the implementation of learning dance in extracurricular activities at SMP Negeri 2 Srengat. This research method is qualitative research. Data collec-tion techniques used in this study were observation, interviews, and documentation. The data analysis activity starts from the data collection stage, the reduction stage, the data presentation stage, and the stage of drawing conclusions and verification. Checking the validity of the findings using source triangulation and triangulation techniques. The results showed that the implementation of learning dance in extracurricular activities at SMP Negeri 2 Srengat includes initial, core, and final activities. The core activities include the appli-cation of methods, learning media, and class management. The final activity includes learning evaluation, namely process assess-ment and outcome assessment. The conclusion of this research is that the real actions and steps taken by the teacher in the imple-mentation of extracurricular dance activities can increase the absorption of students and affect the competence of students in theory and practice. Suggestions for future researchers are expec-ted to be able to create creative and innovative learning media so as to maximize extracurricular activities of dance to be more active and effective.

Keywords: learning dance, extracurricular activities, SMP Negeri 2 Srengat


References


Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniasih, Ina 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masunah, 2003. Metodologi Pengajaran Aklung. Bandung: P4ST UPI.

Prastowo, Andy. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyengangkan. Jogjakarta: DIVA Pres

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Predanamedia Group.

Saputra, Riko. 2014. “Kegiatan Ekstrakurikuler Musik Di SMA PGRI 2 Padang”. Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang (Online), 2 (2): 54-60, (http://www.ejournal.unp.ac.id), diakses 31 Agustus 2019.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Khusairi, A. R. F., Zandra, R. A., & Harini, N. (2019). "Ketrampilan Memainkan Recorder Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw". Promusika, 4(1), 39-. https://doi.org/10.24821/promusika.v7i1.2659.

Rahmawati, A. P., Pratamawati, E. W. S., & Zandra, R. A. (2017). "M-Learning Teori Musik Dalam Aplikasi Smartphone Android". Journal of Art, Design, Art Education And Culture Studies (JADECS), 2(2), 128–135. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/imaji/article/vi-ew/3634.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v5i2.9125

Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 357 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Barcode (Print & Online): 

 

Indexed by:

    

Flag Counter                    

 

 Creative Commons License

All publications by Pelataran Seni are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

V

Keterangan record baru