Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Mata Kuliah Hukum Adat Berbasis Kearifan Lokal masyarakat Sumatera Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Buku Ajar Hukum Adat Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Sumatera Selatan yang telah dikembangkan sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang mencoba untuk menguraikan dan mendeskripsikan nilai angka yang didapatkan dalam sebuah deskripsi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes, yang terdiri atas pre dan post test. Tes diberikan untuk mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan sehingga dapat dilihat tingkat efektivitasnya. Selanjutnya, data akan dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis nilai gain. Setelah dilakukan penelitian dengan mengacu pada perbandingan nilai pre dan posttest maka didapatkan nilai gain sebesar 0,64 dan masuk dalam kategori sedang dan jika di persentasekan sebesar 64% dan masuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan Buku Ajar Mata Kuliah Hukum Adat Berbasis kearifan Lokal Masyarakat Sumatera Selatan dalam proses pembelajaran cukum efektif.
Full Text:
PDFReferences
Ad. Rooijakkers. 1991. Mengajar dengan Sukses. PT. Grasindo: Jakarta.
Ahmad Susanto. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media
Azizahwati.(2015).Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Prosiding Pertemuan Ilmiah XXIX HFI Universitas Sanata Dharma, Jateng & DIY Yogyakarta.
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nastiti, Ajeng Retno.(2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Pembelajaran Teks Deskriptif Peristiwa Budaya di Kabupaten Semarang. (http://simakip.uhamka.ac.id/download?type=penelitianlaporan&id=668&nomor=1, diakses tanggal 26 Oktober 2021).
Giyatmi. 2012. Membudayakan Menulis Buku Ajar. Jakarta: Workshop Budaya Menulis Di Kampus.
Hake R.R. (2002). Relationship of Individual Student Normalized Learn Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. [Online]. Tersedia: http:/www.physics.indiana.edu/~hake>. [25 Februari 2007]
Larlen, dkk. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Video Berbasis Kearifan Lokal pada Mata Kuliah Drama di FKIP Universitas Jambi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Vol. 7, No.2, Agustus 2018.
Nasution. (2007). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta : Bumi Aksara.
Ramadhan, Putra Mansyur (2019) . Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Melalui High Order Thinking Dalam Pembentukan Karakter Siswa . Indonesian Jurnal of basic education. Vol 2 No. 3, 2019.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya
Soi,Yasinta dan Ummu Aiman.(2020).Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. (http://research-report.umm.ac.id /index.php/psnpb/article/download/3643/3608, diakses 26 Oktober 2021).
Tinja, yasintus, dkk. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Nilai Budaya Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teori, Penelitian, dan pengembangan. Volume: 2 Nomor: 9 Bulan September Tahun 2017.
Wulanzani, U. T. 2016. Hasil Validasi Buku Teks Matakuliah Bioteknologi Berbasis Bahan Alam Taman Pacing (Costus Speciosus Smith) sebagai Antifertilitas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (Online), 1 (9):1830—1835, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6837/ 3018, diakses 26 Oktober 2021).
Wibowo, Agus dan Gunawan.(2015).Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah.Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.
Winkel W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo
Yasmin, Sukmawati & Rusdiah. 2018. Pengaruh Penggunaan Materi Bacaan Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Kuliah Reading For Information. Journal Al Lisan. Volume 3 Nomor 2 - Agustus 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i2.12251
Article Metrics
Abstract view : 126 timesPDF - 152 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
KERJASAMA DENGAN
Diindeks oleh:
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .