Integrasi Kewarganegaraan Digital dalam Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan untuk Menumbuhkan Etika Berinternet (Netiket) di Kalangan Mahasiswa

Meidi Saputra

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi kewarganegaraan digital dalam mata kuliah pendidikan kewarganegaraan sebagai upaya menumbuhkan budaya netiket di kalangan mahasiswa. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan. Data penelitian dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data menggunakan literatur dan jurnal yang berhubungan dengan tema penelitian. Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa mata kuliah pendidikan kewarganegaraan merupakan mata kuliah wajib umum di perguruan tinggi. Mata kuliah ini bertujuan untuk pengembangan kepribadian mahasiswa. Sebagai mata kuliah pengembang kepribadian mahasiswa, mata kuliah pendidikan kewarganegaraan perlu merespon perkembangan teknologi dan informasi dengan mengintegrasikan konsep kewarganegaraan digital. Integrasi konsep kewarganegaraan digital merupakan bagian dari rekayasa pembelajaran sebagai upaya menumbuhkan etika berinternet (netiket) di kalangan mahasiswa. Etika berinternet (netiket) merupakan hasil yang ingin dicapai dari implikasi terintegrasinya kewarganegaraan digital dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Integrasi kewarganegaraan digital dalam mata kuliah pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi dapat dilakukan dengan dua cara yakni pembahaaruan perangkat pembelajaran (RPS, SAP dan lain sebagainya) dan pendekatan pelaksanaan perangkat pembelajaran dengan memperhatikan latar belakang keilmuan mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Abdulatif, S., & Dewi, D. A. (2021). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membina Sikap Toleransi antar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 4(2), 103–109.

Adha, M. M., & Perdana, D. R. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan. Graha Ilmu.

Aisyah, S. (2021). Pengamalan Nilai- Nilai Pancasila Dalam Meningkatkan Literasi Budaya Menyongsong Era Revolusi 4 . 0 di SMKN 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(01), 49–56.

Amalia, R. R. (2015). Literasi Digital Pelajar SMA : Kemampuan Berkomunikasi dan Berpartisipasi Pelajar SMA Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Internet. JURNAL STUDI PEMUDA, 4(1), 224–240.

Antoni, A. (2017). Kejahatan Dunia Maya (Cyber Crime) Dalam Simak Online. Nurani: Jurnal Kajian Syari’ah Dan Masyarakat, 17(2), 261–274. https://doi.org/10.19109/nurani.v17i2.1192

Astuti, Y. D. (2017). PEPERANGAN GENERASI DIGITAL NATIVES MELAWAN DIGITAL HOAX MELALUI KOMPETISI KREATIF. Informasi Kajian Ilmu Komunikasi, 47(2), 229–242.

Bahrudin, F. A. (2019). Implementasi Kompetensi Mata Kuliah Pendidikan. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 2(2), 184–200.

Damanhuri, D., & Juwandi, R. (2020). Studi Analisis Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Praktik Kewarganegaraan Digital Sebagai Upaya Peningkatan …. Untirta Civic Education Journal, 5(2), 134–148. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UCEJ/article/view/10509

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV(II), 116–123.

Dewi, R. R., Hidayat, M., & Suabuana, C. (2021). Strategi Pendidikan Nilai Sebagai Pembentuk Kepribadian Siswa Di Sekolah. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(1), 9–17. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i1.4495

Drath, R., & Horch, A. (2014). Industrie 4.0: Hit or Hype? Industry Forum, June, 56–58.

Fahlevi, R., Sari, R., & Jannah, F. (2021). Kajian Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SDN Sungai Jingah 6 Banjarmasin. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 1-6.

Fauzan, R., & Fitria. (2018). Digital Disruption In Students Behavioral Learning: Towards Industrial Revolution 4.0. Phasti: Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur, 04(2), 9–20.

Fitriani, Y., & Aziz, I. A. (2019). Literasi Era Revolusi Industri 4 . 0. Senasbasa, 100–104.

Hamidah, H. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Forum Paedagogik, 11(1), 27–39. https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i1.1776

Hanafi, E. K. H. B., Sayekti, A., Mutmainah, Maulana, P. G., Aprilia, D. K. I., & Mahmudi, K. (2018). PENANAMAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD. Prosiding FKIP Universitas Jember, 147–154.

Harefa, N., & Sumiyati, S. (2020). Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19. Science Education and Application Journal, 2(2), 88. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.270

Hidayah, Y. (2020). Pengembangan Model Belajar Keterlibatan (MBK) Untuk Memperkuat Partisipasi Politik Dan Civic Engagement Warga Negara Muda di Era Digital. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hidayah, Y., Ulfah, N., & Suyitno. (2019). Analisis Pendekatan Pembelajaran Mata Kuliah Wajib Umum Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 22–33. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n1.2019.pp22-33

Hidayah, Y., & Ulfah, R. A. (2017). MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 275–281.

Ikawati, H. D. (2021). PEMANFAATAN TIK SEBAGAI STRATEGI MENGATASI TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL (Critical Review Artikel “Research-Informed Strategies to Address Educational Challenges in a Digitally Networked World”). Journal Scientific of Mandalika (JSM), 2(3), 95–100.

Jannah, F., & Sulianti, A. (2021). Perspektif Mahasiswa sebagai Agen Of Change melalui Pendidikan Kewarganegaraan. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 2(2), 181–193. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i2.3193

Jasrudin, J., Putera, Z., & Wajdi, F. (2020). MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENGUATAN KOMPETENSI PKn DAN PENERAPAN ALTERNATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 42–52. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.8629

Khasananh, U., & Herina. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 999–1015.

Kristiyono, J. (2015). Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat. Scriptura, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30

Kusuma, R. A. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perilaku Intoleransi dan Antisosial di Indonesia. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 10(2), 273–290. https://doi.org/10.32923/maw.v10i2.932

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Liansari, V., & Nuroh, E. Z. (2018). Realitas Penerapan Literasi Digital bagi Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 241–252. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1397

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Nehe, U. (2021). Kewarganegaraan Digital Dalam Pendidikan Situasi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1915–1921.

Nirmayani, L. H. (2020). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn DI SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PENGAJARAN BERMAIN PERAN. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 207–215. https://doi.org/10.21009/pip.242.1

Nugraha, I. W., & Abidin, Z. (2013). Motivasi Kejehatan Repetitif Residivis DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PATI. Jurnal EMPATI, 2(3), 159–173.

Nugraha, Y., Sapriya, Danial, E., & Rahmat. (2020). KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS DIGITAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Buana Ilmu, 5(1), 199–211.

Nurul Zuriah. (2020). Model Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Multikulturan Berbasis Kearifan Lokal dalam Fenomena Sosial Pasca Reformasi di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 11-25.

Nurwardani, P., Saksama, H. Y., Winataputra, U. S., Budimansyah, D., Sapriya, Winarno, Mulyono, E., Prawatyani, S. J., Anwar, A. A., Evawany, Priyautama, F., & Festanto, A. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pahlevi, F. (2014). Reaktualisasi Pancasila Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Moral Bangsa Indonesia. Al-Adabiya : Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 9(1), 21–44.

Pahlevi, F. S. (2017). Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi Dalam Memperkokoh karakter Bangsa Indonesia. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 65–82. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.26

Pradana, Y. (2018). Atribusi Kewargaan Digital dalam Literasi Digital. Untirta Civic Education Journal, 3(2), 168–182.

Praptiningsih, N. A. (2017). Implikasi Nettiquette Sebagai Adab Bermedia Sosial Dalam Dakwah Religi. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 144–162. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/807

Simatupang, E. (2021). Pembelajaran PKn Berbasis Digital Untuk Memperkuat Karakter Demokratis Siswa Digital Native (Studi Kasus pada Kelas XI SMA Angkasa Bandung). 1–19.

Simatupang, E., Wahab, A. A., & Halimah, L. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PKn BERBASIS DIGITAL DALAM MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS X SMA ANGKASA BANDUNG. MEDIA BINA ILMIAH, 15(10), 5561–5570.

Suryatni, L. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan dan Literasi Media Dalam Mencerdaskan Netizen di Media Sosial. Mitra Manajemen, 10(2), 79–90.

Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.

Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31–41. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304

Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa Di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 1–7. https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i2.16696




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i01.13635

Article Metrics

Abstract view : 3410 times
PDF - 4716 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera