Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pendidikan Pancasila Kelas V SD Negeri Cipinang Cempedak 01 Jakarta Timur

Sabrina Chaerunnisa, Rossi Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas media pembelajaran flipbook. Metode pengembangan media pembelajaran menggunakan model Dick&Carey yang terdiri dari 9 tahapan. Hasil penelitian ini menunjukan langkah-langkah pembuatan media pembelajaran flipbook ; kelayakan media pembelajaran yang telah di validasi oleh ahli materi dengan kategori layak 96%, ahli media dengan kategori layak 83%, ahli bahasa kategori layak 92% ; efektivitas pada peserta didik dilihat dari hasil sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran dengan rata rata 65,3 setelah menggunakan media pembelajaran meningkat yaitu 89,8 dengan kategori layak dan efektif pada saat pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V Sekolah Dasar. Disimpulkan bahwa media pembelajaran Flipbook Pendidikan Pancasila materi Mengenali Diri sendiri dan Lingkunganku efektif digunakan pada pembelajaran di kelas. 

Full Text:

PDF

References


Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: an introduction. Longman Inc.

Dayanti, Z. R., Respati, R., & Gyartini, R. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK FLIPBOOK DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA DAERAH SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Journal of Elementary Education, 04, 5.

Dick, W., & Carey, L. (2005). The Systematic Design of Instruction Introduction to Instructional. Harper Collins Publisher.

Farida, E. (2019). MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI DIGITAL UNTUK MENINGKATAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA ABAD-21. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3, 457–476.

Gay, L. R. (1991). Educational Evolution and Measurement: Competencies for Analysis and Application. Macmillan Publishing Company.

Haliza, V. N., Dewi, D. A., & Mulyana, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall terhadap Pemahaman Konsep Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8.

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihash, Z. (2020). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8.

Kemendikbud. (2022). Instrumen Penilaian dan Penelaahan Buku Teks Pendamping (BTP) Tahun 2022.

Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri Bojong 3 Pinang. In Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Mesra, R., Salem, V. E. T., Goretti, M., Polii, M., Daniel, Y., Santie, A., Made, N., Wisudariani, R., Sarwandi, R. P., Sari, R., Yulianti, A., Nasar, Y., Yenita, D., Putu, N., & Santiari, L. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan (M. Jannah, Ed.; 1st ed.). PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.

Mursidi, A. P., Prananto, I. W., Arifani, F., & Setyawati, R. (2022). Pengembangan Flipbook Interaktif untuk siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi siklus air. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 128. https://doi.org/10.30659/pendas.9.2.128-141

Prameswari, C., T.P, P. A., & Kusumawati, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Menambah Pemahaman Siswa Pada Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Pada Siswa Kelas V SDN Glonggong 04 Kabupaten Madiun. Jurnal Perseda , VI.

Rehaini, T. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BANGUN RUANG KERUCUT PADA NASI TUMPENG (Vol. 2, Issue 1).

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, D. M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. 4(2), 335–343. https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859

Ridwan, M., Ulum, B., Muhammad, F., Indragiri, I., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah (The Importance Of Application Of Literature Review In Scientific Research). Jurnal Masohi, 02. http://journal.fdi.or.id/index.php/jmas/article/view/35

Rukmi, D. A., & Wibawa, S. (2023). Pengembangan Flipbook berbasis Project Based Learning berbantu canva pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3).

Setiawan, D. A., Gazali, H., & Rohayani, I. (2023). Pendidikan Pancasila Panduan Guru SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII. https://buku.kemdikbud.go.id

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). ALFABETA.

Susanti, H., Mulyawan, H., Purnama, R. N., Aulia, M., Kartika, I., & Agama, I. (2024). Pengembangan Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i4.1339

Tsania Azzahra, P., Asbari, M., & Nugroho, D. E. (2024). Urgensi Peran Generasi Muda dalam Meningkatkan Pendidikan Berkualitas. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 03(01). https://jisma.org

Yani, D., Susilo, H., & Ekawati, R. (2022). Development of Media Flipbook Materials in Class II Elementary Schools to Realize a Pancasila Student Profile. Jurnal Sains Dan Teknologi (SAINTEK), 1(2). https://ftuncen.com/index.php/SAINTEK7




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v14i2.19876

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 113 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera