Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaran Melalui Strategi Everyone Is A Teacher Here

Meliana Pratiwi, Indriyana Dwi Mustikarini, Riana Rushandayani

Abstract


 

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII B SMP Negeri 14 Madiun menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII/BSMP Negeri 14 Madiun sebanyak 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan/catatan harian sebagai hasil dari observasi, dan dokumentasi. Catatan harian ini untuk mencatat semua kejadian selama proses penelitian berlangsung dan melakukan penilaian keaktifan peserta didik setiap siklusnya. Analisis data dilakukan dengan mereduksi,menyajikan,dan menyimpulkan hasil pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini berupa terjadinya peningkatan keaktifan peserta didik dalam megikuti pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Tindakan yang dilakukan pada siklus I rata-rata presentase keaktifan sebesar 78,90% naik menjadi 86,71% pada siklus II dengan presentase kenaikan 6,25%. Rekomendasi dalam penelitian ini adalah agar proses pembelajaran Pendidikan Pancasila selalu memanggunakan strategi  Everyone Is A Teacher Here dalam rangka untuk meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Agustina, I. B. (n.d.). Keaktifan Belajar Peserta Didik melalui Metode Everyone Is A Teacher Here. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 485–488.

Albina, M., Safi’i, A., Gunawan, M. A., Wibowo, M. T., Sitepu, N. A. S., & Ardiyanti, R. (2022). Model pembelajaran di abad ke 21. Warta Dharmawangsa, 16(4), 939–955.

Anggraini, P. (2010). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe

Everyone Is A Teacher Here Dalam Upaya Untuk Meningkatkan

Keaktifan Siswa Pada Materi Himpunan Matematika (Ptk Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 10 Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dwitasari, P., Darmawati, N. O., Noordyanto, N., Sittasya, V. A., Zulraniyah, W., Raihanah, F. D., & Karim, A. A. (2020). Penggunaan metode observasi partisipan untuk mengidentifikasi permasalahan operasional Suroboyo Bus Rute Merr-ITS. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 19(2), 53–57.

Fauziah, N. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Quiz Team Berbantu

Lectora Inspire Terhadap Hasil Belajar Dan Keaktifan Kelas X Mata Pelajaran Biologi SMAN 1 Way Pengubuan Lampung Tengah. Uin Raden Intan Lampung.

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat UndangUndang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Riswani, E. F., & Widayati, A. (2012). Model Active Learning Dengan Teknik Learning Starts With a Question Dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas Xi Ilmu Sosial 1 Sma Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 1–21. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.910

Sa’adah, R. N. (2021). METODE PENELITIAN R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif. CV Literasi Nusantara Abadi.

Santika, I. G. N. (2021). Grand desain kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.

Sukardi, H. M. (2022). Metode penelitian pendidikan tindakan kelas: implementasi dan pengembangannya. Bumi Aksara.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v14i2.20132

Article Metrics

Abstract view : 85 times
PDF - 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera