Implementasi Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Kebinekaan Indonesia Kelas VII A SMP Negeri 12 Kota Madiun

Nurul Maratus Sholikhah, Nuswantari Nuswantari, Nursabatun Wismarini

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa di kelas VII A SMP Negeri 12 Kota Madiun yang disebabkan karena pada proses pembelajaran Pendidikan Pancasila masih berpusat pada guru yang masih mengikuti kebiasaan dengan urutan yang dimulai guru dengan langsung memaparkan materi, selanjutnya mengevaluasi siswa melalui latihan. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dalam materi Kebinekaan Indonesia dengan menerapkan metode Problem Based Learning pada siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Kota Madiun. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan tindakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dalam materi Kebinekaan Indonesia dengan menggunakan metode Problem Based Learning pada siswa kelas VII A SMP Negeri 12 Kota Madiun. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan penulis dalam dua siklus menghasilkan terjadinya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I dan peningkatan nilai rata-rata dari 69.66 pada siklus I  78.66 . Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dalam materi Kebinekaan Indonesia. 

Full Text:

PDF

References


Meita Fitrianawati, “Perbandingan Keefektifan PBL Berseting TGT Dan GI Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Toleransi,” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3 (2016): 55–65.

Meiria Ulfah Mentari, “Studi Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Menggunakan Model Pembelajaran PBL ( Problem Based Learning ) Dan Model Pembelajaran TPS ( Think Pair Share)” (University Bengkulu, 2014).

Lawlor & Meehan., “Best Practices In Problem-Based Learning,” Best Practice, Reyson Universit, 2015.

Apriyani, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Siswa Kelas X SMAN Sleman Himpunan Matematika (Ptk Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Muhammadiyah 10 Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Devi Aryani, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Dengan Memperhatikan Motivasi Berprestasi Siswa” (Universitas Lampung, 2016)., 37.

Triyadi, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar” (Universitas Negeri Yogyakarta, 2018)., 44.

Pratiwi, “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orangtua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa.”, 83.Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Aan Lasmanah, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Kooperatif Think Pair Share,” Jurnal Analisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung II, no. 3 (2016)., 19

Suharsimi Arikunto, et.al, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Bumi Aksara, 2015), 41.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v14i2.20225

Article Metrics

Abstract view : 27 times
PDF - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera