Peningkatan Hasil Belajar PPKn dengan Talking Stick Pada Model STAD Kelas VIII A SMP Negeri 09 Madiun

Agung Kurniawan, Budiyono Budiyono, Ratna Puspa Darmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 09 Madiun dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) melalui penggunaan metode pembelajaran Talking Stick pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik dari pra-siklus hingga siklus kedua. Persentase ketuntasan belajar meningkat dari 36% pada prasiklus dan menjadi 88% pada siklus kedua, menunjukkan bahwa integrasi metode Talking Stick dalam model STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan ini juga diiringi dengan peningkatan partisipasi aktif dan motivasi belajar peserta didik selama proses pembelajaran. Dengan demikian, Penggunaan metode Talking Stick pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PPKn 

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, F. (2021). Variasi Metode Mengajar Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Peserta didik Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68-82.

Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Huda, M. (2013). Model-Mode Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

NafiahC, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125-143.

Rokhanah, N., Widowati, A., & Sutanto, E. H. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta didik dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3173-3180.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta didik Melalui Video Pada Pembelajaran PKN Di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187-200.

Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v14i2.20311

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera