ETIKA DAN NILAI-NILAI PROFESI KEPENDIDIKAN
Abstract
Etika sebagai filsafat yang ruang lingkupnya adalah masalah nilai, baik buruk, yang terjalin dalam hubungan antar manusia, mempunyai sejumlah aliran. Di antara aliran-aliran itu terdapat absolut dan relatif idealis, praktis, pragmatis dan konsekuensiatis serta non-konsekuensiatis. Masing-masing mempunyai dasar pijakan sendiri. Meskipun masing-masing dapat diurai dan dapat diperkirakan bagaimana konsekuensinya bila dikaitkan dengan pendidikan namun keadaan ini akan semakin lebih jelas, bila konsep tentang pendidikan dikupas lebih dahulu. Hal yang semacam ini juga terjadi pada pembicaraan tentang nilai-nilai profesi kependidikan.
Kata Kunci: etika, pendidikan, nilai-nilai profesi.
Full Text:
PDFReferences
Conny Semiawan, Relevansi Kurikulum Masa Depan, dalam Sindhunata, Membuka Masa Depan Anak-anak Kita, (Yogyakarta: Kanisius, 2000).
H.A.R. Tilaar, Pendidikan Kebudayaan dan Masyarakat Madani Indonesia, (Bandung: Renaja Rasdakarya, 1999).
Imam Barnadib, Dasar-dasar Kependidikan, (Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996).
T. Raka Joni, Memicu Perbaikan Pendidikan Melalui Kurikulum Dalam Kerangka Pikir Desentrasisasi, dalam Sindhunata, Membuka Masa Depan Anak-anak Kita, (Yogyakarta: Kanisius, 2000).
Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, (Yogyakarta: Bigraf Publisting, 2000).
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i2.2431
Article Metrics
Abstract view : 4029 timesPDF - 14558 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pendidikan Kewarganegaraan
KERJASAMA DENGAN
Diindeks oleh:
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .