Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn dengan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) pada Materi HAM di Kelas XI SMA Negeri 1 Marabahan Tahun Ajaran 2013/2014

Atud Wawanda Qalimulya

Abstract


Berdasarkan observasi awal yang dilakukan pada proses belajar mengajar  PKn di kelas XI SMA Negeri 1 Marabahan tahun ajaran 2013/2014, diketahui bahwa  dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn dengan mengunakan model pembelajaran Kooperatif (GI), agar pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru tetapi lebih menekankan pada keaktifan siswa.

            Penelitian didesain sebagai penelitian tindakan kelas; dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Marabahan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 28 siswa. Penelitin ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus meliputi 4 tahap, yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Data diambil dengan menggunakan tes tertulis, lembar penilaian kinerja yang terdiri dari lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi keaktifan siswa, dan hasil evaluasi.

            Hasil penelitian menunjukkan indikator keberhasilan dapat tercapai pada siklus 2, baik itu dari observasi aktivitas guru dalam kesiapan memberikan pelajaran, observasi aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran, dan evaluasi hasil belajar siswa yang meningkat. Siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran yang berlangsung terbukti pada sikap siswa yang merasa senang dan lebih mudah memahami pelajaran serta antusias siswa mangikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajatan Kooperatif  GI, hal ini dapat terlihat pada meningkatnya hasil belajar dan kinerja kelompok yang semakin baik.

Kesimpulan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif GI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn di kelas XI SMA Negeri 1 Marabahan, Siswa antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran PKn, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran menunjukkan peningkatan. Suasana kelas investigasi mendorong siswa untuk mau menggali dan memperdalam cara berpikir mereka dengan menemukan berbagai alternative berpikir. Hal ini bisa dilihat dari partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan dalam diskusi kelas menunjukkan peningkatan. Siswa tidak pasif dalam menghadapi pertanyaan yang diajukan oleh teman-temannya maupun guru. Dengan kerjasama dalam kelompok mereka dapat memberikan pengalaman. Hal ini menyebabkan interaksi antar siswa dalam kelompok kooperatif meningkat. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas. Hal ini bisa dilihat dari hasil evaluasi yang menunjukkan peningkatan pencapaian Hasil belajar siswa dari awalnya 42,85 % atau 12  Orang (pada siklus I) meningkat menjadi 92,86 % atau 26  Orang  (pada siklus II). 

Menggunakan model pembelajaran kooperatif group Investigation disarankan agar dapat digunakan pada kegiatan belajar mengajar di SMA lain, agar siswa dapat mencapai hasil belajar yang maksimal.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI), aktivitas, hasil belajar PKn.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v5i10.335

Article Metrics

Abstract view : 508 times
PDF - 2716 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera