Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan: Studi pada Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Pendidikan Kejuruan (SMK-YPK) Banjarbaru

Abdul Hafiz Jumriadi

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam pendidikan di SMK YPK Banjarbaru;(2) Bagaimana strategi SMK YPK Banjarbaru dalam menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan; dan(3) Bagaimana evaluasi yang dilakukan SMK YPK Banjarbaru terhadap partisipasi masyarakat.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus (case study), pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik pemrosesan satuan (unityzing) dan tehnik kategorisasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Bentuk partisipasi masyarakat dalam pendidikan di SMK YPK cukup beragam, yakni partisipasi sebagai pengurus yayasan dan anggota komite, partisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh sekolah, partisipasi dalam menjaga keamanan sekolah, dan partisipasi dalam memanfaatkan fasilitas dan pelayanan sekolah. Dalam upaya membina dan menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan langkah-langkah strategis dan pendekatan yang dilakukan oleh SMK YPK adalah melalui identifikasi berbagai akar permasalahan yang berhubungan dengan partisipasi masyarakat, kondisi objektif masyarakat (kondisi sosio-kultural), latar belakang pendidikan, dan kondisi sosio ekonomi masyarakat.Pembinaan. dengan membuat program kelas bermuatan lokal, membuat program pertemuan rutin komite sekolah dan membuat program pembentukan forum komunikasi sekolah. Adapun evaluasi yang dilakukan SMK YPK terhadap partisipasi masyarakat dalam menunjang pendidikan adalah melalui identifikasi terhadap kekuatan,kelemahan dan peluang serta hambatan pada SMK YPK.

Full Text:

PDF

References


Bogdam, Robert C. & Sari Knopp Bikle, Qualitative Research for Education : An Intruduction to Theory and Methods, Boston : Allyn And Bacon, Inc. 1982.

Darmiyati Zuchdi, Penyusunan Proposal Penelitian Kualitatif, Makalah pada penataran tugas akhir mahasiswa IKIP Yogyakarta, Yogyakarta : IKIP, 1990.

, Permasalahan Objektifitas, Validitas, Reabilitas dalam Penelitian Kualitatif, Yogyakarta : Journal Kependidikan No.1 th. XII.

Davism, K., & Newstrom, J.W., Human Behavior at Work (5rd edition), New York : McGraw Hill, 1985.

Feqence, Citizen Participation Planning, New York : Pargamous Press Oxford, 1977.

Hassan Sadily, Sosiologi untuk Masyarakat Indonesia, Jakarta : Yayasan Pembangunan, 1961.

Hersey, Paul and Keneth H. Blanchard, Manajemen of Organizational Behavior, New Delhi : Prenctice Hall of India Private Limited, 1978

Jhonson, Richad A., e.a., The Theory and Management System, Tokyo : McGraw Hill Kogakusha, Ltd., 1973

Julia Brannen, Memadu Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Terjemahan Imam Syafi’i & Noorhaidi, A.H), Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1997

Kon-kon dan Suryatna, Sejarah Azas-azas dan Teori-teori Pengambilan Sosial, Bandung : LP3S IKIP Bandung, 1978.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya, 1999.

Made Pidarta, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta : Bina Aksara, 1988.

Masri Singarimbun, Metode Penelitian Survai, Jakarta : LP3ES, 1989.

Massie Josseph L., Essenstial of Management, India : Prentice Hall of India private Limited, 1973.

S. Nasution, Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif, Bandung : Tarsito, 1980.

Simanjuntak, Perubahan dan Perencanaan Sosial, Bandung : Tarsito, 1981.

Spradley, James P., Participant Observation, New York : Rinehart and Winston, Inc., 1980.

Suparlan, Y. B., Kamus Istilah Pekerjaan Sosial, Yogyakarta : Kanisius, 1990.

Talizuduhu Ndaka, Pembangunan Masyarakat Mempersiapkan Masyarakat Tinggal Landas, Jakarta : Rineka Cipta, 1990.

Walsh, Jhon E., Intercultural Education In The Community of Man, Honolulu : an East West Centre Book, 1973.

Wijaya, A.W., Manusia Indonesia Individu Keluarga dan Masyarakat, Palembang : Pressindo, 1985.

Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Yogyakarta : BIGRAF Publishing, 2000

, Pendidikan Untuk Demokrasi, Tantangan Menuju Civil Society. Yogyakarta : BIGRAF Publishing, 2001.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3532

Article Metrics

Abstract view : 620 times
PDF - 472 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera