PENANAMAN KARAKTER BANGSA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH

Alhafizh Mahardika

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan secara komprehensif pentingnya sekolah dalam mengembangkan kearifan lokal yang diinovasi  untuk dikemas secara modern dengan tetap mempertahankan nilai-nilai lokalnya untuk menanamkan karakter bangsa pada generasi muda. Metode penulisan artikel menggunakan kepustakaan atau library research. Data yang digunakan dalam artikel ini bersumber dari buku, artikel ilmiah, jurnal, dan media masa online. Kemudian data yang diperoleh dikumpulkan dan diolah menggunakan teknik dokumentasi dan identifikasi wacana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter bangsa dapat dilakukan dengan mengadopsi nilai-nilai yang ada di dalam kearifan lokal seperti nilai religi, gotong royong, seni dan sastra, dan keterampilan lokal. Program sekolah berbasiskan pada kearifan lokal dalam pendidikan karakter berbasis budaya dengan program sekolah berbasis berbasis kearifan lokal, budaya sekolah berbasis kearifan lokal, pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal diintegrasikan ke dalam mata pelajaran dan program pengembangan diri peserta didik. Dengan demikian rasa kebangsaan tergantung pada kebijakan yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam menanamkan karakter bangsa kepada peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Adam, A. (2017). Selamat tinggal generasi milenal, selamat datang generasi Z. Retrived from Tirto Id https://tirto.id/ selamat-tinggal-generasi-milenial-selamat- datang-generasi-z-cnzX

Armawi, A. (2010). Local wisdom: a solution to surpass hedonism effect on environment pollution. Jurnal of Geography. 42(2).

Badan Pusat Statistik. (2014). Statistik Kriminal. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Cogan, J. J., Dericott. (1998). Citizenship Education For The 21st Century: Setting The Contexs. London: Kogan Page.

Geertz, Clifford. (1973). The Interpretation of Cultures. New York: Basic Books, Inc., Publishers.

Hidayati. (2008). Pentingnya Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Dinamika Pendidikan, 2, Th. XV, 63-75.

Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Desai Induk Pengembangan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025. Jakarta: Kemendiknas.

Ratna, N, K. (2005). Sastra dan Cultural Studies: Representasi Fiksi dan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

_________. (2014). Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, E, V. (2017). Lahan Pertanian di Indonesia Makin Tak Menarik Bagi Pekerja. Semarang: CNN Indonesia.

Retrived from: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170330191343-92-203859/lahan-pertanian-di-indonesia-makin-tak-menarik-bagi-pekerja/

Ruyadi, Y. 2010. Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Budaya Lokal (Penelitian Terhadap Masyarakat Adat Kampung Benda Kerep Cirebon Provinsi Jawa Barat Untuk Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia.

Suroto, S. (2016). KEPRIBADIAN PENGURUS ORGANISASI KEMAHASISWAAN DALAM MELAKSANAKAN PERAN DAN TANGGUNG JAWABNYA SEBAGAI BAGIAN DARI KOMPETENSI KEWARGANEGARAAN. Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11).

Suroto, S. (2016). DINAMIKA KEGIATAN ORGANISASI KEMAHASISWAAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM UPAYA MEMPERKUAT KARAKTER UNGGUL GENERASI MUDA. Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 1040-1046.

Wagiran. 2011. Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal Dalam Mendukung Visi Pembangunan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 2020. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 3, 3 (1): 1.

Wasilah, dkk. (2009). Etnopedagogis, Bandung, Kiblat.

Zamroni. (2011), Dinamika Peningkatan Mutu. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.

Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 158 times
PDF - 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Kewarganegaraan

COLLABORATE WITH 

 

Indexed By: Google Scholar, Sinta



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.  

Flag Counter