PENANAMAN NILAI TOLERANSI DAN KERAGAMAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK STORYBOOK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SEKOLAH DASAR

Delfiyan Widiyanto

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan pentingnya nilai toleransi dan keberagaman yang dapat kembangkan dengan strategi pembelajaran dilakukan oleh guru. Strategi pembelajaran sebagai upaya yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran tematik storybook digunakan pada pembelajaran di sekolah dasar. Kajian yang digunakan pada artikel inii mengunakan kajian literature dengan mencari dan mengumpulkan data yang sesuai dengan tema artikel yang dipilih. Data atau informasi yang berkaitan dengan penanaman nilai toleransi dan keragaman dan strategi pembelajaran. Konsep yang ditawarkan dengan implementasi strategi pembelajaran tematik storybook dapat memberikan pemahaman siswa terkait keberagaman dan dapat memberikan pemahaman nilai toleransi yang berdampak pada pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Media storybook berisi cerita yang mengambarkan keberagaman dan toleransi, dengan media storybook dapat mendukung penanaman nilai toleransi dan keberagaman terdapat kesesuaian kompetensi dasar dari kelas satu sampai enam mata pelajaran PPKn sekolah dasar.

Full Text:

PDF

References


Burden, P. R & Byrd, D. M (2013). Methods for effective teaching. Pearson Education: United State.

Doganay, A. (2012). A curriculum framework for active democratic citizenship education. Print, M., & Large, D. (2012). Schools currikulum and civic education for building democratic citizens. Rotterdam: Sense Publisher.

Hamruni. (2012). Strategi pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani.

Istiqomah, A., & Widiarti, P. W. (2016). Implementasi pendidikan multikultural sebagai upaya bela negara dalam membentuk ketahanan nasional di SD Kanisus Eksperimental Mangunan. Jurnal pendidikan kewarganegaraan dan hukum, 1-15.

Khuluqo, I. E. (2017). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, A. (2014). Pembelajaran tematik terpadu. Bandung: Rosdakarya.

Mumpuni. (2012). Pembelajaran nilai keberagaman dalam pembentukan karakater siswa sekolah dasar inklusi. Jurnal Pendidikan Karakter, 2 (3) hal: 248-257.

Murdiono, Mukhamad. (2012). Kewarganegaraan berbasis portofolio. Yogyakarta: Penerbit ombak.

Permendikbud 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetansi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menenggah

Rahman, M. A. (2012). Kesalahan-kesalahan fatal yang sering dilakukan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. (2014). Model-model pembelajaran . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sadiman, S. A. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Samani, M . & Hariyanto M. S. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran teori dan praktek di tingkat sekolah dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tillman, Diane. 2004. Living Values Activities For Young Adults. (Risa. P & Ellen Sirait, Penerj.). Jakarta : Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i2.4265

Article Metrics

Abstract view : 6438 times
PDF - 10818 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera