PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Sulha, dan Marsianus Gani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan karakter disipin pada siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian survey. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Sanggau Kabupaten Sanggau. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari guru Pendidikan Kewarganegaraan, siswa kelas XI IPS 1, 2, dan 3, dan Waka Kuriklum. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik komunikasi langsung, teknik observasi langsung, dan teknik studi dokumenter.  Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan panduan obsevasi, panduan wawancara, dan dokumen. Validitas data menggunakan triangulansi, bahan refrensi, dan member check. Analisa data menggunakan data reduction, data disple, dan conclusion drawing/ verifcation. Hasil penelitian berdasarkan analisa data yang dilakukan peneliti yaitu (1) Peran guru dalam mengembangkan karakterdisiplin pada siswa kelas XI dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Sanggau Kabupaten Sanggau yaitu sebagai pendidik dan motivator, membiasakan siswa menaati peraturan di sekolah, serta menumbuhkan sikap sopan santun dan beretika serta tanggung jawab terhadap siswa, dan memberikan contoh teladan. (2) Upaya guru dalam mengembangkan karakter disiplin pada siswa kelas XI dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Sanggau yaitu keteladanan, pembiasaaan, dan penegakan disiplin. (3) Faktor yang menjadi penghambat dan pendukung guru dalam mengembangkan karakter disiplin pada siswa kelas XI dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Sanggau yang menjadi faktor penghambat yaitu faktor intern seperti watak dan sikap dari seseorang siswa sedangkan faktor ekstern seperti keluarga, maupun lingkungan tempat tinggal dan guru. Faktor pendukung yaitu kegiatan pramuka dan paskibra.

Full Text:

PDF

References


Asmara Husna. U (2011), Penulisan Karya Ilmiah, fahruna Bahagia: Pontianak.

Danim. S (2011), Pengantar Kependidikan, Alfabeta: Bandung.

Fathurroman Pupuh dkk. (2013), Pengembangan Pendidikan Karakter, PT Refika Aditama: Bandung.

Hidayatullah. F. (2010), Pendididikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa, Yuma Pustaka: Kadipiro Surakarta.

Isriyanah Upik, Lemhannas (1997), Kegiatan Pramuka sebagai sarana menumbuhkan kedisiplinan. Kode Etik Pramuka. html. (Diakses tanggal 2 April 2007).

Naim. N (2012), Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa, Ar-Ruzz Media: Jogjakarta.

Nawawi Hadari. (2012), Metode Penelitian Bidang Sosial, Gajah Mada University Press: Yogyakarta

Setiadi. M Elly (2007), Panduan Kuliah Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi, PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Sugiyono. (2014), Metode Penelitian Pendidikan Penekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Alfabeta: Bandung.

Sukmadinata Syaodih. N (2012), Metode Penelitian Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Zuldafrial (2013), Profesi Keguruan, STAIN Pontianak Press.


Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 283 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Kewarganegaraan

COLLABORATE WITH 

 

Indexed By: Google Scholar, Sinta



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.  

Flag Counter