STRATEGI GURU PKN MENANAMKAN KARAKTER SOPAN SANTUN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 3 BANJARMASIN

Ainah, Sarbaini, Rabiatul Adawiah

Abstract


Strategi Guru PKn Menanamkan Karakter Sopan Santu dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMP Negeri 3 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) H. Sarbaini (II) Hj. Rabiatul Adawiyah.

Kata Kunci: Strategi guru, PKn, menanamkan, sopan santun, pembelajaran,

Kesadaran diri siswa terhadap sopan santun di SMPN 3 Banjarmasin cukup baik tetapi masih kurang, karena masih terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan siswa terhadap tata kesopanan yang telah ditetapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sopan santun siswa. Di samping itu, juga untuk mengetahui strategi guru PKn menanamkan karakter sopan santun dalam pembelajaran Pkn di SMP Negeri 3 Banjarmasin.

Metode penelitian yang dipilih adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data dapat diuji keabsahannya dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi.

Hasil penelitian menunjukkan sikap kesopanan siswa sudah baik dilihat dari cara mereka menghormati guru saat berpapasan dengan guru, mengucapkan salam dan mencium tangan guru meskipun masih terjadi pelanggaran-pelanggaran terhadap tata kesopanan yang berlaku di sekolah dan masih ada siswa yang mengolok-olok. Strategi guru PKn menanamkan karakter sopan santun dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 3 Banjarmasin dengan cara memberlakukan system point, memberikan himbauan, memberikan contoh yang baik melalui pembiasaan saat berada disekolah, seperti mengucapkan salam ketika memasuki kelas, bersalaman sebelum memasuki sekolah dan sebagainya, menegur siswa dengan tegas, sedangkan dalam pembelajaran Pkn guru menggunakan strategi dengan menggunakan metode diskusi, skala sikap, serta apersepsi, hal ini mendapat respon positif dari siswa namun mereka lebih menyukai guru yang benar-benar mencontohkan dan akrab dengan siswa agar terjalin kedekatan serta keharmonisan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa menyukai strategi yang digunakan oleh pihak sekolah tetapi mereka lebih menyukai strategi yang lebih akrab dengan siswa dan bisa bersosialisasi dengan ramah kepada siswa. Dapat disarankan untuk menentukan kebijakan mendengar respon dari beberapa siswa sehingga baru diputuskan bagaimana strategi yang baik untuk menanamkan karakter sopan santun siswa, selain itu semua pihak guru harus mencontohkan kesopanan terhadap siswa-siswi, dan saat menegur pelanggaran dengan lemah lembut namun tetap berwibawa.

Full Text:

PDF

References


Andriyani, L. 2014. Strategi Kegiatan Pembelajaran. (online). http://digilib.unisiby.ac.id. (diakses 20 Agustus 2014).

Budimansyah, Dasim dan kokom Komalasari. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung : Widya Aksara Press.

Budi ningsih, Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Borba, Michele. 2008. Membangun Kecerdasan Moral: Tujuh Kebajikan Utama AgarAnak Bermoral Tinggi. Terj.oleh Lina Jusuf. Jakarta: PT. Gramedia PustakaUtama.

Dimyanti & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Doni Koesoema A. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di ZamanGlobal. Jakarta: Grasindo. Cet. I.

Hidayat komaruddin & Azyumardi Azra. 2008. Pendidikan kewarganegaraan. Jakarta : ICCE UIN

Husamah. 2010. Komponen Pembelajaran. (online). http://husamah.staff.umm.ac.id.

(diakses tanggal 11 maret 2014)

Koesoema A, Doni. 2007. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogjakarta : Kanisius.

Koesoema, A. Doni, 2010, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: grasindo.

Marzuki. 2009. Prinsip Dasar Akhlak Mulia: Pengantar Studi Konsep-konsep Dasar Etika dalam Islam. Yogyakarta: Debut Wahana Press-FISE UNY.

Megawati, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta : BP Migas dsan Star Energy.

Muin, Fatchul. 2011. Pendidikan Karakter : Kontruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Mulyasa, E. 2012. Manajemen Pendidikan Karater. Jakarta : Bumi Aksara.

Narwanti, Sri, 2011, Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Dalam Mata Pelajaran, Yogyakarta:Familia.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i11.725

Article Metrics

Abstract view : 640 times
PDF - 2391 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera