PROFESEONALITAS GURU DAN PENDIDIKAN KARAKTER (Kajian Emperis di SDN Kabupaten Balangan)

Rabiatul Adawiah

Abstract


Sejak tahun 2010 Pemerintah melalui Kemendikbud mencanangkan pendidikan karakter sebagai gerakan nasional diseluruh tingkat pendidikan. Salah satu aktor penting yang sangat berperan di sekolah dalam mengembangkan nilai-nilai karakter adalah tenaga pendidik atau guru

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan nilai karakter yang dilakukan guru baik melalui kompetensi pedagogic, professional, kepribadian maupun sosial. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dan data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  pengembangan nilai-nilai karakter yang dilakukan oleh guru Balangan baik melalui kompetensi pedagogik, kompetensi professional dan kompetensi kepribadian berkategori tinggi, sedangkan melalui kompetensi sosial  berkategori sedang.

Dari penelitian ini disarankan, perlunya peningkatan pengembangan nilai-nilai karakter melalui kompetensi sosial sehingga keberhasilan pengembangan nilai-nilai karakter bisa mencapai hasil yang optimal

 

 

Kata Kunci: Propesionalitas guru,  pendidikan karakter.

Full Text:

PDF

References


Agustian, Ari Ginanjar. 2007. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: Arga.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Budimansyah, D., 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Departemen Pendidikan Nasional.2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan, Pusat Kurikulum.

Depiyanti, Melida. “Model Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School,” Jurnal Tarbawi. Online. http://jurnal.upi.edu/file/06_Model _Pendidikan _Karakter_-_Oci_Melisa pdf (diakses 2 Pebruari 2016).

Fathul Mu’in, 2011. Pendidikan Karakter: Konstruksi Teoritik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter; Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Hidayatullah, Furqan. 2010. Pendidikan Karakter: Pembangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Johansson, Eva. 2011. “Practices for teaching moral values in the early years: a call for a pedagogy of participation,” International Journal Of Education, Citizenship and Social Justice 6, no. 2: 109-124. September 2011. University of Stavangar, Norway (diakses 9 Pebruari 2016).

Johansson, Eva. 2011. “Practices for teaching moral values in the early years: a call for a pedagogy of participation,” International Journal Of Education, Citizenship and Social Justice 6, no. 2: 109-124. September 2011. University of Stavangar, Norway (diakses 9 Pebruari 2016).

Lickona, Thomas. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter. Terjemahan Juma Abdu Wamaungo. Bandung: Bumi Aksara.

Megawangi, Ratna. Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Bandung: Star Energy, 2004.

Santoso, Slamet Imam. 1981. Pembinaan Watak Tugas Utama Pendidikan. Jakarta: Penerbit UI Press.

Yoga, Djohan. “Pentingnya Pendidikan Karakter,” Online. http://nuranibeka. blogspot.com (diakses 6 Desember 2013).

UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i11.731

Article Metrics

Abstract view : 67 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera