PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH NOMOR 8 TAHUN 2011 TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR DI WISATA MENARA PANDANG SIRING PIERRE TENDEAN KOTA BANJARMASIN

Mutia Aulida, Fatimah, Heru Puji Winarso

Abstract


Mutia Aulida, 2016. Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Wisata Menara Pandang Siring Pierre Tendean Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Hj. Fatimah, Pembimbing (II) Heru Puji Winarso.

 

Kata kunci: pelaksanaan, perda nomor 8 tahun 2011, retribusi parkir

Pelaksanaan perda parkir di wisata menara Pandang Siring Pierre Tendean Banjarmasin belum sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelayanan parkir, keamanan dan kenyamanan masyarakat pemilik kendaraan, faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2011, serta mendeskripsikan upaya yang dilakukan dinas perparkiran dalam menegakkan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2011 tentang Retribusi Parkir di wisata Menara Pandang Siring Pierre Tendean Banjarmasin.

Metode penelitian yang dipilih adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan parkir di wisata Menara Pandang belumlah berkualitas. Hal ini dilihat dari apa yang dirasakan masyarakat pengguna parkir. Mereka belum puas karena ada beberapa petugas yang tidak memakai seragam parkir, tidak adanya karcis, dan mereka menarik tarif parkir secara sepihak. Masyarakat belum bisa merasakan keamanan dan kenyamanan ketika mereka memarkirkan kendaraannya di areal Menara Pandang. Faktor yang memengaruhinya, yaitu kurangnya pengawasan dari pemerintah daerah atau dinas  perparkiran, tidak adanya kejelasan tentang berapa tarif parkir yang seharusnya dibayarkan oleh pemilik kendaraan, petugas tidak pernah mendapatkan pelatihan, tidak ada persyaratan untuk menjadi petugas parkir, tidak ada karcis, adanya pengaruh dari tempat lain, kebutuhan hidup yang tinggi, sehingga petugas parkir menganggap hal yang biasa untuk meminta tarif parkir tidak sesuai perda, dan petugas parkir harus menyetorkan sebagian besar penghasilannya kepada dinas terkait. Upaya untuk melaksanakan perda no. 8 tahun 2011 tentang retribusi parkir telah dilakukan. Akan tetapi, upaya tersebut belum maksimal karena banyaknya kendala yang dihadapi, seperti kurangnya aparatur dan minimnya sanksi yang diberikan kepada para pelanggar.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelayanan parkir belum maksimal, kemanan dan kenyamanan masyarakat pengguna parkir belum terjamin, banyak faktor yang memengaruhi pelaksanaan parkir, salah satunya kurangnya perhatian pemerintah daerah atau dinas terkait meskipun ada upaya yang telah dilakukan, tetapi belumlah maksimal.

Full Text:

PDF

References


Antarnews, http://kalsel.antaranews.com/berita/8337/jumlah-kendaraan-bermotor-naik,diakses tanggal 10 Oktober 2014.

Assauri, Sofjan. 1999. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi,Jakarta: Raja Grafindo Persada

Boyne, George. 2008. Public Service Failure and Turnaround: Towards a Contingency Model. Chapter 12. In: Hartley, Jean, Donaldson. Cam, Skelcher. Chris and wallace Mike. Managing to Improve Public Services. New york: Cambridge university press.

BPS Kota Banjarmasin. http://banjarmasinkota.bps.go.id/index.php/publikasi/ 951. diakses tanggal 17Desember 2015

Dirdjosisworo, Soejono. 2010. Pengantar Ilmu Hukum, cet. ke-14. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya.Yogyakarta: Gava Media.

Hukum di Indonesia. http://id.wikipedia.org/wiki/Hukum_di_Indonesia, diakses tanggal 23 september 2014.

http://tesisdisertasi.blogspot.com/2010/03/teori-kebijakan-publik.html

Ilyas, Wirawan B. dan Burton, Richard. 2011. Hukum Pajak Edisi 5, cet. ke-2. Jakarta: Salemba Empat.

Kurniawan, L.J dan Puspitosari, H. 2007. Wajah Buram Pelayanan Publik.. Malang: In-TRANS Publishing.

KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana) dan KUHAP (Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana, cet. ke-9. 2013. Bandung: Citra Umba.

Manajemen Parkir. http://id.wikibooks.org/wiki/Manajemen_Lalu_Lintas/ Pengendalian_parkir, diakses tanggal 28 Februari 2015

Maryana, 2013. Ketika Keselamatan dan Kenyamanan. http:// meryana90.blogspot.co.id/2013/10/ketika-keselamatan-dan-kenyamanan.html. Diakses tanggal 8 desember 2015

Marsundi, Subandi Al. Pancasila dan UUD’45 dalam Paradigma Reformasi. 2001. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Munawir, H. S. 1988. Perpajakan, cet. ke-2. Yogyakarta: Liberty.

Moenir. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Nurmantu, Safri. 2003. Pengantar Perpajakan. Jakarta: Granit.

Parkir.http://id.wikipedia.org/wiki/Parkir, diakses tanggal 10 Oktober 2014.

Peraturan Daerah Indonesia.http://www.id.wikipedia.org/wiki/Peraturan_ Daerah_ (Indonesia), diakses tanggal 23 September 2014.

Peraturan Daerah Kota Banjarmasin No 8 Tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum dan Tempat Khusus Parkir.

Peraturan Daerah Kota Banjarmasin No 19 Tahun 2010 tentang Izin Parkir.

Santoso, Topo dan Zulfa, Eva A. 2011.Kriminologi, cet. ke-11. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sinambela, L.P .2010. Teori Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Soebekti. 2010. Pengantar Ilmu Hukum. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Soemitro, Rochmat. 2004. Asas dan Dasar Perpajakan. Bandung: Rafika Aditama

Soekanto, Soerjono. 2011. Pokok-Pokok Sosiologi Hukum. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sinambela, L.P .2010.Teori Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan, dan Implementasi.Jakarta: Bumi Aksara

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi

Wahyu, H. 2012. Metodologi Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Banjarmasin

Wahyu, H. 2012. Penulisan Karya Ilmiah. Banjarmasin




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i11.745

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF - 71 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera