Analisis Kualitas Soal Buatan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal Pendidikan Kewarganegaraan dari aspek daya beda soal, tingkat kesukaran dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Evaluasi dalam penelitian ini dilakukan terhadap butir soal mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI pada penilaian akhir semester ganjil di SMA Negeri 6 Banjarmasin Tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 50 soal, dengan subjek penelitian 200 orang siswa. Data yang dikumpulkan berupa : (1) lembar Soal Ujian Akhir Semester, (2) lembar kunci jawaban soal, dan (3) lembar jawaban siswa. Semua data tersebut diperoleh dengan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan program AnBuso versi 8.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indeks daya beda butir soal 18% berkategori baik, 26% berkategori sedang, dan 56% berkategori jelek. Untuk tingkat kesukaran, 58% berkategori mudah, 16% berkategori sedang dan 26% berkategori sulit. Sedangkan untuk keefektifan pengecoh, 58% berkategori sangat baik, 26% berkategori baik, 14% berkategori jelek dan 2% berkategori sangat jelek. Dari hasil analisis indeks daya beda soal, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh dapat diketahui bahwa kualitas butir soal Pendidikan Kewarganegaraan 10% berkualitas baik, 14% perlu revisi pengecoh, 20% cukup baik, dan 56% berkualitas tidak baik.
Kata kunci: indeks daya beda soal, tingkat kesukaran, pengecoh
Full Text:
PDFReferences
Aiken, Lewis R. 1994. Psychological Testing and Assessment, (Eight Edition), Boston: Allyn and Bacon.
Anastasi. Anne and Urbina, Susana. 1997. Psicoholological Testing. (Seventh Edition). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Azwar, S. 2003. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chatterji, Madhabi. 2003. Designing and Using Tools For Educational Assessment. USA: Pearson Education, Inc.
Pophan, W. James. 2008 dan Eva L, Baker. 2008. Teknik Mengajar Secara Sistematis. (Terjemahan Amirul Hadi, dkk.) Jakarta: Rineka Cipta.
Muhson, Ali. 2015. Panduan Penggunaan AnBuso. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Muhson, Ali, Lestari dkk. 2016. Kelayakan AnBuso sebagai Software Analisis Butir Soal Bagi Guru. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. No.2 Vol. 45. Hlm 200-201.
Nunnally, J. C & Bernstein, I. H. 1994. Psychometric Theory (Third Edition). New York: McGraw-Hill, Inc.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Shermis, Mark D. & Francis (2011). Classroom Assessment In Action. USA: Rowman & Littlefield Publisher, Inc
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.7554
Article Metrics
Abstract view : 2130 timesPDF - 8042 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
KERJASAMA DENGAN
Diindeks oleh:
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .