PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KEMASYRAKATAN DALAM MEMBANGUN WAWASAN WARGA NEGARA GLOBAL

Sutrisno Sutrisno, Sapriya Sapriya, Kokom Komalasari, Rahmad Rahmad

Abstract


Kajian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan kewarganegaraan kemasyarakatan dalam membangun wawasan warga negara global.  Penelitian ini adalah penelitian konseptual dengan menggunakan metode Library Research, yakni mengumpulkan data-data dari artikel ilmiah, laporan penelitian atau hal lain yang relevan dengan topik. Analisis dari pembahasan ini menjelaskan bahwa Pendidikan dan kewarganegaraan kemasyarakatan merupakan komponan dasar dalam membangun karakter kepribadian masyarakat. Maka untuk membangun wawasan warga negara global diperlukan beberapa upaya yang sistematis dan strategi diantaranya adalah 1) pelaksanaan program kegiatan masyarakat yang berorientasi pada nilai-nilai sosial kearifan lokal masyarakat. 2) program pemerdayaan masyarakat abad ke-21 yang bersumber pada perencanaan jangka panjang beroreintasi pada sektor pertumbuhan ekonomi mikro. 3) program kurikulum pendidikan di lingkungan keluarga dan masyarakat dengan dasar penguatan pengetahuan kewarganegaraan. 4) mambangun budaya partisipasi dalam setiap kegiatan kemasyarakatan. Upaya inilah yang kemudiaan diaktualisasikan pada konsep pendidikan kewarganegaraan kemasyarakatan yang di kembangkan pada lingkungan pendidikan, formal dan norformal sehingga akan terbentuk karakter warga negara yang berfikir global dan berperilaku lokal yang berorientasi pada nilai-nilai karakter jati diri bangsa. Sehingga perlu adanya peran serta pemerintah pusat dan daerah dalam mengaktualisasikan keempat nilai dasar ini dalam bentuk kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kata kunci: Pendidikan, Kewarganegaraan, kemasyarakatan, Wawasan Warga Negara Global


 

 


Full Text:

PDF

References


Branson, M.S. (1999). “Dasar-dasar Civic Education”, dalam Branson, M.S., dkk. (eds.), Belajar Civic Education dari Amerika, alih bahasa Syafruddin, M.Y. Alimi, dan M. N. Khoiron. Yogyakarta: LKIS dan The Asia Foundation (TAF).

Cogan, I. J, (1999). Developing the Civil Society: The Role of Civic Education. Bandung: CICED

Dill Jefferey, S. (2012). The Moral Education of Global Citizenship. Global Sociaty. pp. 541-456. DOI: 10.1007/s12115-012-9599-8.

Djudju Sudjana ( 2004). Manajemen Program Pendidikan Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production

Gerzon, M. (2010). American Citizen, Global Citizen: How Expanding Our Identities Makes Us Safer, Stronger, Wiser, And Builds a Batter World. United State of America: Library of Congres Cataloging. [email protected]

Irmawita. (2013). deskripsi kepemimpinan ketua lembaga sosial kemasyarakatan (lsm) dalam melaksanakan programpendidikan nonformal. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XIII(1). pp. 66-75

Linkalter, A. (2002). “Cosmopolitin Citizenship” pp. 317-331 in Isin, F. E and B.S. Turner. Handbook of Ctitizenship. London: SAGE Publication

Micionis, J.I & Plummer, K. (2005). Sociologi: a global introduction, edisi ketiga. New York: Prentice Hall.

Murdiono, Sapriya, Abdul Aziz Wahab, & Bunyamin Maftuh. (2014). Membangun wawasan global warga negara muda Berkarakter pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, IV(2). pp. 148-159

Rahmat, dkk (2009). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Cet. Pertama. Bandung: Laboratorium PKn F.IPS UPI.

Rohani. (2013). Pembinaan Tanggung Jawab Warga Negara Dalam Memecahkan Masalah-Masalah Sosial Melaluipendidikan Kewarganegaraan Kemasyarakatan (Community Civics). Jurnal Edukasi, 11(2). pp. 217-228

Shahla Zahabioun, Alireza Yousefy, Mohammad H Yarmohammadian & Narges Keshtiaray. (2013). Global Citizenship Education and Its Implications for Curriculum Goals at the Age of Globalization. International Education Studies. pp.195-206. DOI: 10.5539/ies.v6n1p195

Surya Dharma. (2016). Teori Sosial dan Kewarganegaraan. Bandung: Widya Aksara Press

Sutrisno. (2018). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Warga Negara Global. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), pp. DOI:http://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1880

Trilling, Bernie and Fadel, Charles. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass

Wahab, AA dan Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.8000

Article Metrics

Abstract view : 4871 times
PDF - 2756 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera