KETELADADAN GURU DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP KARAKTER KEBANGSAAN SISWA DI SMA NEGERI DI KOTA PADANG PANJANG

Sudirman Sudirman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan; 1) Gambaran bagaimana Keteladanan Guru dan Karakter kebangsaan siswa pada SMA Negeri di Kota Padang Panjang. (2) Sejauhmana kontribusi Keteladanan guru terhadap karakter kebangsaan siswa SMA Negeri di Kota Padang Panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode survey dengan sampel sebanyak 190 siswa yang diperoleh dengan teknik stratified random sampling dan analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa secara umum (1) Keteladanan yang dimiliki guru menurut penilaian siswa tergolong baik. Karakter kebangsaan siswa pada SMA Negeri di Kota Padang Panjang tergolong baik (2) Secara umum keteladanan guru berkontribusi positif terhadap karakter kebangsaan siswa pada SMA Negeri di kota Padang Panjang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Keteladanan guru, dan Karakter kebangsaan siswa  pada SMA Negeri di Kota Padang Panjang masih termasuk cukup baik. Sedangkan kontribusi Keteladanan guru  terhadap Karakter kebangsaan siswa SMA Negeri di Kota Padang Panjang termasuk tinggi. Berdasarkan hasil ini, penulis merekomendasikan perlunya dilakukan; 1) perlu dirumuskan standar keteladanan yang harus dimiliki seorang guru, serta pemberian sanksi yang tegas terhadap guru yang melanggarnya 2) inovasi-inovasi materi, model dan sistim penilaian pembelajaran yang mengakomodir materi keteladanan.

Kata kunci : keteladanan guru, karakter kebangsaan,  hasil belaja

Full Text:

PDF

References


uri. 2013. “Implementasi Nilai-nilai Kebangsaan yang bersumber dari UUD Tahun 1945 Terhadap Generasi Muda Dalam Era Demokrasi”.

A.Muri Yusuf.(2005). Metodologi Penelitian (Dasar-Dasar Penyelidikan. Ilmiah). Padang: UNP Press.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Bandura,Albert . Social Learning Theory (Diakses dari http://www.learning-theories.com/social-learning-theory-bandura.html pada tanggal 15 September 2011

Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-Teori Belajar. Jakarta. Proyek Pengembangan LPTK Dikti Depdikbud.

Fajar, Malik. (2004). “Revitalisasi Nasionalisme Indonesia Menuju Pendidikan Kewarganegaraan Menuju Nation and Character Bulding”, Semiloka Nasional Character and Nation Building”, tanggal 18 Mei 2004.

Gede Raka dkk. (2011). “Pendidikan Karakter di Sekolah” Jakarta. PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia

Kalidjernih, F.K. (2010). “Situasionisme: Refleksi untuk Pendidikan Karakter di Indonesia”, disampaikan dalam Seminar Aktualisasi Pendidikan Karakter yang diselenggarakan oleh Program Studi PKn SPs UPI, 15 November 2010.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). “Desain Induk Pendidikan Karakter”. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). “Pedoman Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa”. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Lemhanas. (2010). Naskah Akademik Pedoman Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan. http://www.lemhannas.go.id/id/images/stories/dokumen/naskah_akademik_pdf.pdf

Megawangi, Ratna. (2003).”Pendidikan Karakter untuk Membangun Masyarakat Madani”. IPPK Indonesia Heritage Foundation

Prayitno. (2008). “ Dasar Teori dan Praksis Pendidikan ” Uneversitas Negeri Padang

Ruduwan & Egkos Achmad Kuncoro (2011). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta

Soedarsono, Soemarno. (2009). Karakter Mengantar Bangsa dari Gelap Menuju Terang. Jakarta. PT Media Komputindo Kompas Gramedia.

Wianataputra, U.S. (2005). “Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Masyarakat Demokratis dan Berkeadaban: Tinjauan Filosofis-Pedagogis”. Makalah disampaikan dalam Seminar dan Lokakarya Dosen Pendidikan Kewarganegaraan PTN dan PTS, Ditjen Dikti, untuk Wilayah Indonesia Barat. Hotel Dharma Deli, Medan 22 September 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8314

Article Metrics

Abstract view : 42 times
PDF - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera