KONTRIBUSI MAHASISWA DAERAH DALAM PENANGANAN INTOLERANSI MELALUI SINERGI PERGURUAN TINGGI DI DIY

Muhammad Salisul Khakim, Anike Febriyani Nugraha, Sukanti Sukanti, Aliefah Rachma Sarwedi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membangun mahasiswa daerah dalam organisasi internal kampus dengan bersinergi antara mahasiswa dalam IKPMDI (Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Daerah Indonesia) dan perguruan tinggi di DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). Upaya ini dilakukan untuk melindungi hak asasi mahasiswa daerah, serta meredam potensi kasus intoleransi yang berlatarbelakang kedaerahan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder. Sumber primer dilakukan dengan pengamatan langsung, sedangkan data sekunder dalam dilakukan dengan studi pada jurnal, buku, media berita, dan dokumentasi lainnya mengenai teori, konsep serta contoh kasus permasalahan yang berkaitan dengan kebijakan toleransi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa IKPMDI telah berperan penting selama ini dalam menjaga solidaritas antar mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia di bawah Dinas Kebudayaan DIY. Hal ini akan lebih efektif perannya apabila dapat bersinergi dengan perguruan tinggi di DIY, karena status mahasiswa tersebut melekat pada perguruan tinggi, sehingga kinerja sebagai agent of tolerance lebih meningkatkan produktivitas mahasiswa dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.

Kata kunci : integritas, IKPMDI, perguruan tinggi, sinergi, toleransi


Full Text:

PDF

References


Allison, Kevin W. (2011). Connecting Youth Violence Prevention, Positive Youth Development, and Community Mobilization. Community Psichol, Volume 48, 8-20. doi: 10.1007/s10464-010-9407-9

Arif, Hafidz. (2015). Songsong Sumpah Pemuda, IKPMDI Yogyakarta Bacakan Pernyataan Sikap. Dikpora DIY. Diakses pada 10 Oktober 2018 dari http://pendidikan-diy.go.id/dinas_v4/?view=vberita&id_sub=3984.

Artharini, Isyana. 2016. Mahasiswa Papua di Yogyakarta 'belum merasa aman. Diakses pada 19 April 2020 dari https://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016/07/160718_indonesia_papua_yogya

Berg, Marlene. 2009. Youth Action Research for Prevention: A Multi-level Intervention Designed to Increase Efficacy and Empowerment Among Urban Youth. Community Psychol, Volume 43, 345–359. doi: 10.1007/s10464-009-9231-2

Borba, M. 2008. Membangun Kecerdasan Moral: Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi. Penerjemah: Lina Jusuf. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Badan Pusat Statistik. (2017). Jumlah Perguruan Tinggi, Mahasiswa, dan Tenaga Edukatif (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Menurut Provinsi tahun ajaran 2013/2014-2014/2015. Diakses pada 10 Oktober 2018 dari https://www.bps.go.id/statictable/2015/09/14/1839/jumlah-perguruan-tinggi-mahasiswa-dan-tenaga-edukatif-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementrian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-provinsi-2013-2014-2014-2015.html.

Buchari, S. A. (2014). Kebangkitan Etnis Menuju Politik Identitas. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Budi Winarno. (2008). Sistem Politik Indonesia Era Reformasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Funk, A., Van Borek, N., Taylor, D. et al. (2012). Climbing the Ladder of Participation: Engaging Experiential Youth in a Participatory Research Project. Canadian Journal of Public Health, 103(4), 288-292. doi: https://doi.org/10.1007/BF03404237

Galih, Bayu. (2019). Setara: Dalam 5 Tahun Terakhir Terjadi Peningkatan Intoleransi di Yogyakarta. Diakses pada 19 April 2020 dari https://nasional.kompas.com/read/2019/11/24/19300051/setara--dalam-5-tahun-terakhir-terjadi-peningkatan-intoleransi-di-yogyakarta.

Hardiyanto, Sari. (2018). Predikat Jogja Sebagai Kota Pendidikan Dipertaruhkan. Diakses pada 19 April 2020 dari https://www.jawapos.com/jpg-today/09/03/2018/predikat-jogja-sebagai-kota-pendidikan-dipertaruhkan/.

Hardiyanto, Sari. (2018). Datangi Kantor Gubernur, Mahasiswa Papua Minta Premanisme Dihilangkan. Diakses pada 19 April 2020 dari https://www.jawapos.com/jpg-today/04/10/2018/datangi-kantor-gubernur-mahasiswa-papua-minta-premanisme-dihilangkan/.

Hogg, Michael A. (2012). Intergroup Leadership in Organizations: Leading Across Group and Organizational Boundaries. Academy of Management, 37 (2), 232-255. doi: http://dx.doi.org/10.5465/amr.2010.0221

Khakim, Muhammad S., Nugraha, Anike F., Sukanti, dan Sarwedi, Aliefah Rachma. (2017). Mahasiswa Sebagai Agent Of Tolerance dalam Membangun Hukum Dan Ke- bijakan Beragama Di Perguruan Tinggi Islam DIY. Jurnal Ilmiah Hukum, 11(1), 16-30.

Lafraya, Susana. (2011). Intercultural learning in non-formal education: theoretical frameworks and starting points. Paris: Council of Europe Publishing.

Marzuki, Kastolani. (2018). 2 Kelompok Mahasiswa Papua dan Ambon Nyaris Bentrok di Sleman. Diakses pada 19 April 2020 dari https://yogya.inews.id/berita/2-kelompok-mahasiswa-papua-dan-ambon-nyaris-bentrok-di-sleman.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. (2012). Metode Penelitian bidang Sosial. Yogyakarta: UGM Press.

Permenristekdiki 2018 No. 55, Pembinaan Ideologi Pancasila dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi

Prasetya, Beny. (2017). Selendang Sutera Satukan Mahasiswa di Jogja. Diakses pada 19 April 2020 dari https://www.solopos.com/selendang-sutera-satukan-mahasiswa-di-jogja-870883

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Totok, Tolak. (2018). Aktualisasi Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam PKn Sebagai Peneguh Karakter Kebangsaan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 1-20. doi: http://dx.doi.org/10.20527

Ulber, Silalahi. (2010). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditaman.

Undang-Undang Republik Indonesia 2012 No. 12, Pendidikan Tinggi.

Wardhani, Primandha Sukma Nur. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Membangun Keberagaman dan Meningkatkan Persatuan Bangsa di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, (8)1, 1-12. doi: http://dx.doi.org/10.20527




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8361

Article Metrics

Abstract view : 1886 times
PDF - 1062 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera