PERSEPSI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TENTANG PENDEKATAN SAINTIFIK

Harpani Matnuh, Rabiatul Adawiah

Abstract


Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran akan berjalan dengan baik manakala guru memahami dengan baik tentang hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru PPKn tentang pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan yang menjadi informan adalah guru PPKn di SMPN Kota Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Guru PPKn SMP Negeri Kota Banjarmasin umumnya  mempunyai kesamaan pandangan  bahwa pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa yang lebih menekankan bagaimana agar siswa aktif dalam pembelajaran, yang dalam prosesnya menekankan pada 5M yaitu mengamati, menanya, mencoba, menganalisis, dan mengkomunikasikan. Terdapat pemahaman yang berbeda tentang  penerapannya. Sebagian guru menyatakan bahwa  5M harus dilaksanakan semuanya dalam satu pertemuan pembelajaran  dan juga harus berurutan mulai dari  mengamati, menanya, mencoba, menganalisis, dan mengkomunikasikan. Namun sebagian guru lainnya memahami bahwa penerapan 5M tidak mesti dilaksanakan dalam satu pertemuan dan tidak mesti  harus berurutan.

Kata kunci: pemahaman guru, pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014) Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama.

Daryanto (2014) Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Fadlillah, M. (2014) Implementasi Kurikulum 2013 (Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hosnan, M. (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci sukses implementasi kurikulum 2013). Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemdikbud. (2013) Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.

Kemdikbud. (2014) Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015 Mata Pelajaran Matematika SMP. Jakarta: Kemdikbud

Kemdikbud. (2014) Permendikbud nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs. Jakarta: Kemdikbud.

Kurniasih, Imas dan Sani Berlin (2014) Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena

Majid, Abdul & Chaerul Rochman (2014) Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Rosda Karya.

Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman (1992) Analisis Data Kualitatif. Penerj: Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Mulyasa, E. (2013) Pengembangab dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saryono (2010) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.

Sudjiono, Anas (2011) Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8530

Article Metrics

Abstract view : 943 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera