PENILAIAN UNJUK KERJA DALAM PENGEMBANGAN AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DIN

Darmiyati Darmiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil pengembangan nilai agama dan moral anak  dalam meniru gerakan beribadah (wudhu). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif, dan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini guru dan anak usia 4-5 tahun PAUD Islam Al Zahra Martapura. Pengumpulan data menggunakan instrument teknik observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan nilai agama dan moral anak. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan tiga kali pertemuan. Hasilnya menunjukan terdapat peningkatan aktivitas guru dari pertemuan pertama sampai dengan ketiga mulai dari mendapat kreteria” baik” sampai menjadi “sangat baik”. Aktivitas siswa mulai pertemuan pertama sampai dengan ketiga adanya peningkatan dari” cukup aktif” menjadi sangat aktif. Demikian pula hasil pengembangan nilai Agama dan moral anak sudah terlihat ketuntasan secara individu dan klasikal mulai dari pertemuan pertama sampai dengan ketiga mengalami perkembangan mulai dari 58,8%, menjadi 82,3%,. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian, bahwa pengembangan aspek nilai agama dan moral menggunakan model Explicit Instruction, kombinasi Picture and Picture dan Talking Stick dapat berhasil dan berkembang pada anak kelompok A di PAUD Islam Al Zahrah Martapura

 

Kata kunci: Nilai, Agama, moral, model, Explicit Instruction, Picture and Picture, Talking Stick


Full Text:

PDF

References


Aris, shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Djamarah. S. B, Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kurniasih, Imas, & Berlin Sani, 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Maufur, Hasan, Fauzi, 2009. Sejuta Jurus Mengajar Mengasyikan .Semarang: Sindur Press

Mulyasa, 2012. Manajement PAUD. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sujiono, Y.N. 2013.Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta PT Indeks

Susanto, A.. 2015. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Yus, A. 2012.Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak.Bandung: Pernada Media Gro




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i1.8532

Article Metrics

Abstract view : 1832 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera