MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENGUATAN KOMPETENSI PKn DAN PENERAPAN ALTERNATIF PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru (maupun calon guru) dalam membangun karakter peserta didik melalui keteladanan nilai, pendekatan perkembangan pengetahuan karakter, pendekatan analisis nilai, pendekatan klarifikasi nilai, dan pendekatan pembelajaran berbuat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif secara deskriptif dengan menerapkan studi dokumentasi dan wawancara. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pada pembahasan karya ilmiah ini, penulis mengkombain nilai-nilai karakter yang teraktualisasi dari olah pikir, olah hati, olahraga, serta olah rasa dan karsa seseorang atau sekelompok orang. Hasil penelitian yang merupakan tahap implementasi, adalah pengalaman belajar dan proses belajar mengajar yang arahnya pada pembentukan nilai-nilai karakter. Proses ini dilakukan dalam tiga lingkungan yaitu pendidikan formal (sekolah), informal (keluarga) dan nonformal (masyarakat). Adapun sebagai kesimpulan dalam upaya yang dapat ditempuh adalah dengan membangun karakter melalui sistem pendidikan yang tercerminkan dalam bentuk yang lebih luas, di mulai dari tahap implementasi melalui pengalaman belajar maupun dalam bentuk lebih kecil, yaitu berupa pengembangan nilai/karakter.
Kata Kunci: Membangun karakter, pkn, moral kognitif
Full Text:
PDFReferences
Acep Supriadi, Harpani Matnuh, M. (2014). Internalisasi Nilai Nasionalisme Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa MAN 2 Model Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(8), 120462. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/462
Adawiah, R. (2016). Profesionalitas guru dan pendidikan karakter (kajian empiris di SDN Kabupaten Balangan). 6(11), 939–946.
Ainah, S., & Adawiah, R. (2016). Strategi Guru PKn Menanamkan Karakter Sopan Santun dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11).
Asosiasiwipknips. (2011). Sambutan Menteri Pendidikan Nasional Pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2011 Senin, 2 Mei 2011. WordPress.Com.
Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia, H. (2014). Executive Summary Refleksi Akhir Tahun 2014. Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia.
Bank, J. A. (1985). Teaching Strategies for the Social Studies. New York: Longman, Inc.
Dewantara, K. H. (2013a). Ki Hadjar Dewantara: Pendidikan Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan). Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Dewantara, K. H. (2013b). Ki Hadjar Dewantara: Pendidikan Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka II (Kebudayaan). Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Elias, J. L. (1989). Moral education: Secular and religious. Krieger.
Fatimah. (2016). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Keunggulan Lokal dalam Kurikulum Kejuruan di SMK Negeri Kabupaten Tapin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 882–899.
Fraenkel, J. R. (1977). How to teach about values: An analytic approach. Prentice-Hall.
Freud, S. (1957). Some character-types met with in psycho-analytic work. In The Standard Edition of the Complete Psychological Works of Sigmund Freud, Volume XIV (1914-1916): On the History of the Psycho-Analytic Movement, Papers on Metapsychology and Other Works (pp. 309–333).
Hersh, R. H. (1980). Models of Moral Education: An Appraisal.
Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Kohlberg, L. (1977). The cognitive-developmental approach to moral education. Dlm. Rogrs, D. Issues in adolescent psychology: 283-299. New Jersey: Printice Hall. Inc.
Lickona, T. (2013). Pendidikan karakter, panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik (terjemahan Lita S). New York: Bantam Book (Buku Asli Terbit Tahun 1991).
Putra, Z. (2018). Implementasi pendidikan Pancasila sebagai character building mahasiswa di Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Implementasi Pendidikan Pancasila Sebagai Character Building Mahasiswa Di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, 1(1), 9–13. https://doi.org/10.12928/citizenship.v1i1.9515
Putra, Z. et al. (2020). Paradigma Membangun Pendidikan Kewarganegaraan Panduan Kuliah Di Perguruan Tinggi. Ahlimedia Book.
Raths, L. E., Harmin, M., & Simon, S. B. (1978). Values and teaching Columbus. Ohio: Merrill.
Ruchliyadi, D. A. (2016). Pendekatan Student Active Learning Pembelajaran Kewarganegaraan (Pkn) Di Pendidikan Dasar Dan Menengah Sebagai Best Practise Untuk Membentuk Karakter Warga Negara Yang Baik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 994–1001.
Sarbaini, S. (2016). Pertimbangan Moral Menurut Gender Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pkn Di Sma Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 120615.
Soedarsono, S. (2013). Karakter Mengenal Bangsa Gelap Menuju Terang. Elex Media Komputindo.
Sudirman, S. (2020). Keteladanan Guru Dan Kontribusinya Terhadap Karakter Kebangsaan Siswa Di SMA Negeri Di Kota Padang Panjang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(1), 48–61.
Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(Http://Smacepiring. Wordpress. Com).
Superka, D. P. (1976). Values Education Sourcebook: Conceptual Approaches, Materials Analyses, and an Annotated Bibliography.
Wahyu, Akhyar, Z., & Maryana. (2015). Menanamkan Nilai Disiplin Anak Pada Lingkungan Keluarga Di Desa Sungai Pinang Lama Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(10).
Wajdi, F. (2020). Nilai-Nilai Karakter Etnis Bajo Relevan Dengan Nilai Karakter Bangsa. Makassar: Yayasan Barcode.
Windmiller, M. (1976). Moral development. Understanding Adolescence: Current Developments in Adolescent Psychology. Boston: Allyn and Bacon.
Z. Putra, L. O Rasidun, dan D. K. P. (2020). Kepribadian Sebagai Suatu Ilmu. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.8629
Article Metrics
Abstract view : 5219 timesPDF - 4470 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
KERJASAMA DENGAN
Diindeks oleh:
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .