IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 5 BANJARMASIN

Rabiatul Adawiah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui implementasi program Adiwiyata di SMA Negeri 5 Banjarmasin dan mengetahui kepedulian siswa  terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan data dikumpulkan melalui observasi dan  wawancara.  Analisis data dilakukan secara kualitatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi program adiwiyata  dalam membentuk sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan dilakukan melalui kegiatan Jumat bersih yang dilaksanakan setiap bulan, mendirikan bank sampah, yang kegiatannya dikoordinir oleh salah satu guru dan beberapa siswa, dan menyediakan sarana dan prasarana penunjang kebersihan lingkungan sekolah.  Kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah masih kurang. Rekomendasi dari Penelitian ini diantaranya, program Adiwiyata hendaknya dirancang dengan melibatkan berbagai unsur di luar sekolah seperti orang tua dan masyarakat,  penanaman sikap peduli lingkungan hendaknya dilakukan secara kuntinu dan konsisten dan untuk memotivasi siswa peduli terhadap lingkungan, hendaknya secara periodik dilakukan lomba kebersihan antar kelas.

 

Kata Kunci : Implementasi, Adiwiyata, Sikap, Peduli Lingkungan.

 


Full Text:

PDF

References


Anjasti, Alifia F. 2013. Kerusakan Lingkungan. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, (Online), (http://jurnalilmiahtp2013.blogspot. co.id/ 2013/12/kerusakanlingkungan.html diakses pada 12 Januari 2016).

Anonim. 2018. Pendidikan Berbasis Lingkungan. (online) (http://tabloit _info.sumenep.go.id”, diakses 17 Mei 2018).

Hamzah B. Uno and Mohamad Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Hamzah, Syukri, 2013. Pendidikan Lingkungan: Sekelumit Wawasan Pengantar.Bandung: Refika Aditama.

Iswari, Rizky Dewi dan Suyud W. Utomo. 2017. Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA N 9 Tangerang Selatan dan MA N 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan volume 15 issue 1 hal 35-41, Pascasarjana Undip: Semarang.

Kaushik, Anubha dan C.P. Kaushik. 2010. Basic of Environment and Ecology. New Delhi: New Age International (P) Ltd.

Kementerian Lingkungan Hidup. 2010. Pedoman Penggunaan Kriteria dan Standar untuk Aplikasi Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup dalam Pengendalian Perkembangan Kawasan . Jakarta. KLH.

Landriany, Ellen. 2014. Implementasi Kebijakan Adiwiyata dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal. Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah. Vol 2 No.1. hal 82-88.

Lincoln, Ys dan Guba, FG. 1985. Naturalistik Inguiry. Beverly. Hill Sage Publication.

Maryani, Ika. 2014. Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Adiwiyata ditinjua dari aspek keegiatan partisipatif di SDN Ungaran 1 Yogyakarta. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, Jilid 1 Nomor 3, April 2014, hlm. 225-229

Moleong, Lexy J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, R. 2009. Penanaman Etika Lingkungan melalui Sekolah Perduli dan Berbudaya Lingkungan. PPS Unimed. Jurnal Tabularasa 6 (2):175-180.

Naim, Ngaimun, 2012. Character Building. Jogjakarta: AR-Ruzz Media

Odja, Rosnita. 2014. Meningkatkan Kepedulian Kebersihan Lingkungan Sekolah melalui Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo, (Online),(kim.ung.ac.id/index.php/KIMFIP/article/download/ 7820/7710 diakses pada 15 Januari 2016).

Rahmawati, I. dan M. Suwanda. 2015. Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Melalui Sekolah Adiwiyata di SMP Negeri 8 Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1, 71-78.

Subarsono. 2005. Analisis Kebijakan Publik: Konsep. Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widaningsih, Lilis. 2008. Pendididkan lingkungan hidup: Membelajarakan anak pada kearifan alam. Prosiding Seminar Nasional Jurusan pendidikan teknologi arsitektur FPTK UPI dan Disdik Provinsi Jawa Barat.

Wirakusumah. 2010. Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah: Model Uji Coba Sekolah Berwawasan Lingkungan. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Wiyono. 2013. Pengantar Ilmu Lingkungan. Bengkulu: Pertelon Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9792

Article Metrics

Abstract view : 1019 times
PDF - 1191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera