IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEM DENGAN MEDIA VIRTUAL REALITY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF REGULATION PESERTA DIDIK

Khairunnisa Khairunnisa, Parham Saadi, Leny Leny

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang implementasi model PBL berbasis STEM dengan media virtual reality terhadap kemampuan berpikir kritis dan self regulation peserta didik pada materi sistem koloid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan self-regulation terhadap implementasi model PBL berbasis STEM dengan media virtual reality. Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 MAN 2 Kota Banjarmasin. Variabel bebas adalah model PBL berbasis STEM, dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis dan self-regulation. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) peningkatan hasil pretest ke posttest kemampuan berpikir kritis dengan N-gain sebesar 0,71 dalam kategori tinggi, (2) peningkatan hasil pretest ke posttest self-regulation dengan N-gain sebesar 0,43 dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model PBL berbasis STEM dengan media virtual reality dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan self-regulation peserta didik.

Keywords


berpikir kritis; koloid; problem based learning; self-regulation; STEM

Full Text:

PDF

References


Abdussalam, Sulthoni, & Munzil. (2018). Media Virtual Reality Tata Surya untuk Meningkatkan Kemampuan Retensi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(9), 1160–1167. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i9. 11527

Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94-103. https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2871

Ahmad, K., Nurkhin, A., Muhsin, M., & Pramusinto, H. (2020). Problem-Based Learning Strategy: Its Impact on Students’ Critical and Creative Thinking Skills. European Journal of Educational Research, 9(3), 1141–1150. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1141

Ariani, M., Hamid, A., & Leny. (2015). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid dengan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Banjarmasin. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(1), 98–107. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v6i1.3242

Ariyatun, A., & Octavianelis, D. F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JEC: Journal of Educational Chemistry, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.21580/jec.2020.2.1.5434

Daniati, N., Handayani, D., Yogica, R., & Alberida, H. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Padang tentan Materi Pencemaran Lingkungan. Atrium Pendidikan Biologi, 3(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.24036/apb.v3i1.4247.g2718

Ennis. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois.

Esparrago, A. J. H. (2021). Categories of Questions and Critical Thinking. Journal of Innovations in Teaching and Learning, 1(2), 107–116. doi: 10.12691/jitl-1-2-7

Filsaime, Dennis. K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif (Sunarni, Ed.). Prestasi Pustakaraya.

Fitriani, F., Loka, I. N., Junaidi, E., & Al-Idrus, S. W. (2019). Studi Komparasi Pengaruh Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Self Regulated Learning (SRL) Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 6–11. https://doi.org/10.29303/cep.v2i1.1130

Hasan, U. R., Nur, F., Rahman, U., Suharti, S., & Damayanti, E. (2021). Self Regulation, Self Esteem, dan Self Concept Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 38–45. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5715

Hasanah, Z., Tenri Pada, A. U., Safrida, S., Artika, W., & Mudatsir, M. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 65–75. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134

Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 42–46. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10446

Khairunnisa, Saadi, P., & Leny. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran “Buku Teka-Teki Kimia” untuk Kelas XI Kimia. JCAE (Journal of Chemistry and Education), 1(1), 151–155.

Maghfiroh, L., Subchan, W., & Iqbal, M. (2017). Problem Based Learning Trough Moodle for Increasing Self Regulated Learning Students (Goal Setting and Planing). The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(8), 3880–3887. https://doi.org/10.18535/ijsshi/v4i8.32

Marshall, J. A., & Harron, J. R. (2018). Making Learners: A Framework for Evaluating Making in STEM Education. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 12(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1749

Marza, S. E. (2017). Regulasi Diri Remaja Penghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren al-Qur’an Jami’atul Qurro’ Sumatera Selatan. Intelektualita, 6(1), 145–160. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v6i1.1306

Masitoh, I. D., Marjono, & Ariyanto, J. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA pada Materi Pencemaran Lingkungan di Surakarta. Bioedukasi, 10(1), 71–79.

Muttaqiin, A., & Sopandi, W. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Sisipan Membaca Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. EDUSAINS, 8(1), 57–65. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1752

Nur, S., Pujiastuti, I. P., & Rahman, S. R. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105

Prasetyowati, E. N., & Suyatno. (2016). Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia, 1(1), 67–74. https://doi.org/10.20961/jkpk.v1i1.10122

Putri, C. D., Pursitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). Problem Based Learning Terintegrasi STEM Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 193–204. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.17859

Ramadhania, D. Y., Hairida, & Rasmawan, R. (2016). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Indikator Asam Basa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(7), 1–11. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i7.15914

Ramdass, D., & Zimmerman, B. J. (2011). Developing Self-Regulation Skills: The Important Role of Homework. Journal of Advanced Academics, 22(2), 194–218. https://doi.org/10.1177/1932202X1102200202

Suciati, R. (2015). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Antara Model Problem Based Learning dengan Model Ekspositori pada Mata Kuliah Evolusi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, tema: “Peran Biologi dan Pendidikan Biologi dalam Menyiapkan Generasi Unggul dan Berdaya Saing, 351–358.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfa Beta.

Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 578–581. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1662

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Prenada Media Group.

Vatillah, V., Ambarwati, L., & Hakim, L. el. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Regulated Learning di Tinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(2), 313–329. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.6995

Wati, N. N., Leny, & Saadi, P. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Multimedia Interaktif Pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 4 Banjarmasin. JCAE (Journal of Chemistry and Education), 1(1), 104–110.

Yasdar, M., & Muliyadi, M. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (self-regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(2), 50–60. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.9




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v13i1.12109

Article Metrics

Abstract view : 1264 times
PDF - 812 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email    : [email protected]

 

 

QUANTUM Journal Indexed by :

              

                




Creative Commons License
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License