KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMA KELAS XI MIPA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA

Gepi Sartianis, Lia Yuliati, Parno Parno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi numerasi siswa kelas XI MIPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi dengan jumlah 31 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.Soal yang digunakan sebanyak 11 soal tes berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan siswa memiliki kemampuan yang bervariasi. Tingkat kemampuan literasi numerasi siswa berada pada kategori cakap dengan rata-rata 60,9% siswa telah menjawab benar. Kemampuan literasi numerasi siswa berada pada kategori perlu intervensi khusus sebanyak 1 orang, kategori dasar sebanyak 6 orang, kategoricakap sebanyak 18 orang, dan kategorimahir sebanyak 6 orang. Secara keseluruhan siswa memiliki kemampuan yang cukup baik pada indikator mengestimasi dan menghitung; menggunakan pecahan, desimal, persen dan perbandingan; menggunakan penalaran; dan menggunakan pengukuran yang semuanya berada pada kategori cakap dengan persentase jawaban benar berturut-turut 64,52 %, 72,58%, 62,90%, dan 59,68% sedangkan indikator mengnterpretasi informasi masih dalam kategori dasar dengan presentase jawaban benar sebesar 49,46%. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan literasi numerasi siswa cukup baik. Namun, masih diperlukan tindakan lebih lanjut dalam mengasah kemampuan siswa terutama dalam meningkatkan literasi numerasi siswa dalam pembelajaran fisika.

Keywords


literasi numerasi; pembelajaran fisika; fluida dinamis

Full Text:

PDF

References


Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774

Azhary, S. A.-G., Supahar, Kuswanto, Ikhlas, M., & Devi, I. P. (2020). Relationship Between Behavior of Learning and Student Achievement in Physics Subject. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/jpfi.v16i1.23096

Cahyanovianty, A. D. (2020). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. 05(02), 1439–1448.

Frihanderi Aprita, D., Supriadi, B., & Prihandono, T. (n.d.). IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA DINAMIS MENGGUNAKAN FOUR TIER TEST PADA SISWA SMA 1).

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Kaniawati, I., & Utari, S. (2015). Halaman 111 Analisis Didaktik Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Korelasi antara Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1). https://doi.org/10.21009/1

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Marsha Nikita, P., Djoko Leksmono, A., & Harijanto, A. (n.d.). PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS XI 1).

Mendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575.

Piper, B., Zuilkowski, S. S., Dubeck, M., Jepkemei, E., & King, S. J. (2018). Identifying the essential ingredients to literacy and numeracy improvement: Teacher professional development and coaching, student textbooks, and structured teachers’ guides. World Development, 106, 324–336.

Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2020a). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(2), 137–140. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37504

Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2020b). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(2), 137–140. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37504

Rahman, E. S. (2015). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. 1–6.

Rivai, H. P., & Yuliati, L. (2018). Penguasaan Konsep dengan Pembelajaran STEM Berbasis Masalah Materi Fluida Dinamis pada Siswa SMA. 1080–1088.

Sa’adah, A., Ningrum, F. Z., & Farikha, N. (2021). Scaffolding Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbantuan Soal HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 167–174.

Sa’adah, N., Langitasari, I., & Wijayanti, I. E. (2020). Implementasi pendekatan science writing heuristic pada laporan praktikum berbasis multipel representasi terhadap kemampuan interpretasi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 195–208.

Supriyati, Y., Permana, A. H., & Aziz, N. D. S. (2020). Bahan Ajar Elektronik Berbasis Stem Untuk Blended Learning Pada Materi Fluida Sma. IX, 105–114. https://doi.org/10.21009/03.snf2020.02.pf.16

Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. 05(02), 1687–1699.

Winata, A., Seftia, I., Widiyanti, R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Wyatt-Smith, C., Gunn, S., & Elkins, J. (2011). Multiple perspectives on difficulties in learning literacy and numeracy. In Multiple Perspectives on Difficulties in Learning Literacy and Numeracy (Issue December 2013). https://doi.org/10.1007/978-1-4020-8864-3

Yuliati, L., Harsiati, T., Kurniawan, B. R., Lingga, D., & Malang, U. N. (2020). Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Smpn 3 Malang. Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat (HAPEMAS 2), Hapemas 2, 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v13i2.12765

Article Metrics

Abstract view : 3812 times
PDF - 2639 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email    : [email protected]

 

 

QUANTUM Journal Indexed by :

              

                




Creative Commons License
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License