KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMA KELAS XI MIPA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774
Azhary, S. A.-G., Supahar, Kuswanto, Ikhlas, M., & Devi, I. P. (2020). Relationship Between Behavior of Learning and Student Achievement in Physics Subject. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/jpfi.v16i1.23096
Cahyanovianty, A. D. (2020). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. 05(02), 1439–1448.
Frihanderi Aprita, D., Supriadi, B., & Prihandono, T. (n.d.). IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP FLUIDA DINAMIS MENGGUNAKAN FOUR TIER TEST PADA SISWA SMA 1).
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Kaniawati, I., & Utari, S. (2015). Halaman 111 Analisis Didaktik Pembelajaran yang Dapat Meningkatkan Korelasi antara Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1). https://doi.org/10.21009/1
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
Marsha Nikita, P., Djoko Leksmono, A., & Harijanto, A. (n.d.). PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS XI 1).
Mendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.
Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575.
Piper, B., Zuilkowski, S. S., Dubeck, M., Jepkemei, E., & King, S. J. (2018). Identifying the essential ingredients to literacy and numeracy improvement: Teacher professional development and coaching, student textbooks, and structured teachers’ guides. World Development, 106, 324–336.
Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2020a). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(2), 137–140. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37504
Puspaningtyas, N. D., & Ulfa, M. (2020b). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi Numerasi pada Siswa SMA IT Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(2), 137–140. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37504
Rahman, E. S. (2015). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. 1–6.
Rivai, H. P., & Yuliati, L. (2018). Penguasaan Konsep dengan Pembelajaran STEM Berbasis Masalah Materi Fluida Dinamis pada Siswa SMA. 1080–1088.
Sa’adah, A., Ningrum, F. Z., & Farikha, N. (2021). Scaffolding Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbantuan Soal HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 167–174.
Sa’adah, N., Langitasari, I., & Wijayanti, I. E. (2020). Implementasi pendekatan science writing heuristic pada laporan praktikum berbasis multipel representasi terhadap kemampuan interpretasi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 195–208.
Supriyati, Y., Permana, A. H., & Aziz, N. D. S. (2020). Bahan Ajar Elektronik Berbasis Stem Untuk Blended Learning Pada Materi Fluida Sma. IX, 105–114. https://doi.org/10.21009/03.snf2020.02.pf.16
Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. 05(02), 1687–1699.
Winata, A., Seftia, I., Widiyanti, R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
Wyatt-Smith, C., Gunn, S., & Elkins, J. (2011). Multiple perspectives on difficulties in learning literacy and numeracy. In Multiple Perspectives on Difficulties in Learning Literacy and Numeracy (Issue December 2013). https://doi.org/10.1007/978-1-4020-8864-3
Yuliati, L., Harsiati, T., Kurniawan, B. R., Lingga, D., & Malang, U. N. (2020). Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Smpn 3 Malang. Prosiding Hasil Pengabdian Masyarakat (HAPEMAS 2), Hapemas 2, 1–10.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v13i2.12765
Article Metrics
Abstract view : 3812 timesPDF - 2639 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email : [email protected]
QUANTUM Journal Indexed by :
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License