PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING BERBANTUAN VIRTUAL LAB PHET PADA MATERI GERAK PARABOLA

Sri Purwaningsih, Azizahwati Azizahwati, Muhammad Sahal

Abstract


Penelitian ini dilakukan didasari oleh keterbatasan bahan ajar serta alat atau media pembelajaran fisika yang interaktif. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengembangkan e-modul pembelajaran fisika berbasis problem solvingberbantuan virtual lab PhET pada materi gerak parabola. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas e-modul. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi hanya terdiri dari 3 tahap yaitu analisis, perancangan dan pengembangan. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen berupa angket lembar validasi dan lembar praktikalitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata validasi keseluruhan aspek penilaian e-modul termasuk kategori sangat tinggi yaitu 3,50. Hasil uji praktikalitas guru dan siswa diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek penilaian secara berturut-turut 3,68 dan 3,55. E-modul yang dikembangkan valid dan praktis berdasarkan semua aspek penilaian dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


e-modul; problem solving; virtual lab; PhET; gerak parabola

Full Text:

PDF

References


Ariskasari, D., & Pratiwi, D. D. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem solving pada Materi Vektor. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 249–258. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4454.

Darmawan, I., Aminah, N. S., & Sukarmin, S. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 2, pp. 56-69).

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Ekawati, Y., Haris, A., & Amin, B. D. (2015). Penerapan media simulasi menggunakan phet (physics education and technology) terhadap hasil belajar fisika peserta didik Kelas x sma muhammadiyah limbung. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 74-82. https://doi.org/10.26618/jpf.v3i1.254.

Fadhillah, F., & Andromeda, A. (2020). Validitas dan Praktikalitas E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual pada Materi Hidrolisis Garam kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 179. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/516.

Hervi, F., & Ristiono, R. (2021). Modul Elektronik (E-Modul) IPA Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) mengenai Materi Sistem Reproduksi pada Manusia. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 370–377. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.35425.

Indah, S., Eko, R., & Henny, J. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Alat-Alat Optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152.

Kurniawan, G. E. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Model Problem solvingUntuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Fluida Statis Siswa Kelas Viii Smp N 7 Cirebon Tahun Ajaran 2018/2019. Mangifera Edu, 4(1), 63–72. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i1.531.

Dwi Lestari, H., & Putu Parmiti, D. (2020). Pengembangan E-Modul IPA Bermuatan Tes Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24095.

Limatahu, N. A., Rahman, N. A., Hayatun, S., Abu, N., & Cipta, I. (2017). The Influence of Practicum Video with Electronic Module Toward Process Skills for Stoichiometry Materials of the Grade X of SMAN 2 Tidore Islands. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(1), 225–228. https://doi.org/10.24114/jpkim.v9i1.6183.

Mijaya, N. P. A. P., Sudiatmika, A. A. I. A. R., & Suardana, I. N. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ipa Smp Kelas Vii Berbasis Model Pembelajaran Levels of Inquiry Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 220. https://doi.org/10.20527/quantum.v12i2.11258.

Puspitasari, A. D. (2019). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODUL CETAK DAN MODUL ELEKTRONIK PADA SISWA SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17-25. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155.

Putri, S. E., & Suwarna, I. P. (2020). The Experimental Study of Kinesthetic Style Student Learning Outcomes in Remedial Teaching Assisted by Projectile Motion Props. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(1), 25–36. https://doi.org/10.21009/1.06104.

Rahmani, M., Haryono, H., & Purwanti, E. (2017). Pengembangan Media Komunikasi Buku Penghubung Berbasis SMS Gateway dan Mobile Web. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 15-21. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.16202.

Rizkita, N. I., & Mufit, F. (2022). Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa Terhadap Belajar Fisika Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(2), 233–242. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss2/599.

Salahuddin, S., Akos, M., & Hermawan, A. (2018). MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI SUMBER DAYA MANUSIA DAN SARANA PRASARANA DI MTSN BANJAR SELATAN 2 KOTA BANJARMASIN. Administraus, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.56662/administraus.v2i1.18.

Solihudin JH, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731.

Sunandar, R., Rusli, M. A., & Saenab, S. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 3 Dua Pitue Kalosi. Jurnal IPA Terpadu, 6(1), 102. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.31270.

Supardi, Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar. Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Supardi, 2(1), 71–81. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86.

Theasy, Y., Bustan, A., & Nawir, M. (2021). Penggunaan Media Laboratorium Virtual PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika Sekolah. Variabel, 4(2), 39. https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2607.

Wicaksono, I., Indrawati, I., & Supeno, S. (2020). PhET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FKIP E-PROCEEDING, 5(1), 1-5. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php /fkip-epro/article/view/21623.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v14i1.15647

Article Metrics

Abstract view : 948 times
PDF - 918 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email    : [email protected]

 

 

QUANTUM Journal Indexed by :

              

                




Creative Commons License
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License