MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 11 BANJARMASIN
Abstract
Keyword : science process skills, student learning outcome, Guided Inquiry
Full Text:
PDFReferences
Ambasari, W., Santoso S. dan Maridi. 2012. Penerapan Pembela-
jaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses
Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP
Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi 5(1): 81-95.
Budiningsih, A. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta,
Jakarta.
Cohen, R. J. 2009. Psychological Testing and Assessment. Mc-
Graw-Hill, New York.
Munfaati, Y.N., Haryoto, D. & Sutopo. 2014. Penerapan Pembela-
jaran Inkuiri Terbimbing Disertai Resitasi Pada Materi Kalor:
Studi Kasus di SMA Negeri 1 Ponorogo. Jurnal Universitas
Negeri Malang. 1:1-12.
Muslich, M. 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Bumi Aksara,
Jakarta.
Nur, M. 2011. Modul Keterampilan-keterampilan Proses Sains.
Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
Nurhayani. 2007. Keterampilan Proses Sains. Modul Pasca Sar-
jana UPI. (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.
PENDIDIKAN_IPA/195012311979032-NURYANI_RUSTAMAN
KPS_vs_KG.pdf). Diakses 15 Januari 2013.
Oktavira, R., Hermita, N., & Syahrilfuddin. 2011. Penerapan
Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar
IPA pada Konsep gaya Magnet Siswa Kelas V SDN 012
Pangkalan Baru Kampar. Journal PGSD FKIP Universitas
Riau. 2: 1-13.
Rahayu, E., H. Susanto, dan D. Yulianti. 2011. Pembelajaran
Sains dengan Pendekatan Keterampilan Proses untuk
Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir
Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7 (2):
-110.
Ratumanan. G.T & Laurens, T. 2003. Evaluasi Hasil Belajar.
UNESA, Surabaya.
Ristianti, L.R., Dantes, N & Tika, I.N. 2014. Pengaruh Model
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan
Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA. Journal Program
Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4: 1-12.
Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan, Kencana Prenada Media Group,Bandung.
Schon, D. A. 1987. Educating the Reflective Practitioner. Jossey-
Bass, San Francisco.
Semiawan, C., Tangyong, A.F., Belen, S., Matahelemual, Y.,
Suseloarjo, W. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses.
Gramedia, Jakarta.
Sirhan, G. 2007. Learning Difficulties in Chemistry: An Overview.
Journal of Turkish Science Education. (Online),4 (2): 1-19,
(http://crins08lerberg.wmwikis.net/file/view/sirhan.pdf),
Diakses 16 Januari 2014.
Sutika, W. 2010. Karakteristik Pembelajaran Kimia. (online).
(http://ekapaysmachemistri.blogspot.com/ 2010/12/karak
teristik-pembelajaran-kimia.html.). Diakses tanggal 08
Januari 2014.
Temiz, B.K., Tasar, M.F., Tan, M. 2006. Development and
Validation of a Multiple Format Test of Science Process
Skills. Journal Education International. 7: 1007-1027.
Yuniastuti, E. 2013. Peningkatan Keterampilan Proses, Motivasi,
dan Hasil Belajar Biologi dengan Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1
Balikpapan. Jurnal Pascasarjana Universitas Mulawarman
Vol. 14 No.1. (Online)(http://jurnal.upi.edu/file/ Euis_Yuni
astuti.pdf), Diakses 18 Februari 2014.
Zakiyah, N. 2013. Pengaruh Pendekatan Inkuiri Terstruktur
Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep
Sistem pernapasan Manusia. Skripsi Sarjana. Universitas
Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. Tidak
Dipublikasikan.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v6i1.3242
Article Metrics
Abstract view : 2107 timesPDF - 2317 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email : [email protected]
QUANTUM Journal Indexed by :
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License