STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERINTEGRASI KECERDASAN MAJEMUK DAN HUBUNGANNYA DENGAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Abstract
Keywords: collaborative, multiple intelligences, mathematical logic,
comprehension of concepts, solubility and solubility product.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, L. (2007). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa melalui Pembelajaran Kolaboratif dengan Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan, 2(3), 271-314.
Armstrong, T. (2013). Multiple Intelligences in the Classroom 3rd Ed. Jakarta: PT Indeks.
Chatif, M. (2013). Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa.
Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Gardner, H. (2003). Multiple Intelligences: Kecerdasan Majemuk dalam Teori dan Praktek. Disunting oleh Lyndon Saputra. Diterjemahkan oleh Alexander Sindoro. Batam: Interaksara.
Goleman. (1994). Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Hoer, T. (2007). Buku Kerja Multiple Intelligences. Bandung: Mizan Pustaka.
Liliawati, W., Nuryani, Y., & Andrian, R. (2015). Pembelajaran IPBA Terintegrasi pada Tema Musim untuk Mengakomodasi Kecerdasan Majemuk dan Meningkatkan Pemahaman Konsep. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, (hal. 1181-1185). Surabaya.
Purnamasari, W. S; Setyo, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Teori Kecerdasan Majemuk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Kartika Wijaya Surabaya pada Materi Fluida Statis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2), 98-101.
Said, A., & Andi, B. (2016). Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: Prenada Media Group.
Salvin, R. (2006). Educational Psycology: Theory and Practice. Boston: Allyn and Bacon Pearson Education.
Saputra, T. M. A; Alben, A; Yuliana, H. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-14.
Sastrika, I. A. K; Sadya, I. W; Muderwan, I. W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Berpikir Kritis. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1), 1-10.
Sato, M. (2012). Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama Praktek “Learning Community” (Okamoto Sachie, Penerjemah). Jakarta: Pelita.
Satyawati, N. N. S. B. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing berbasis LKS terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis pada Kelas X SMAN 1 Bangli. Jurnal Penelitian Pascasarjana, 1(1), 1-17.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 1(1), 29-39.
Warsono, & Hariyanto. (2012). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: Remadja Rosdakarya.
Winarti, A. (2015). Gambaran Kecerdasan Majemuk Siswa SMP dan SMA di Kota Banjarmasin Serta Hubungannya dengan Usia dan Jenis Kelamin. Prosiding Seminar Nasional Pendidika Sains, (hal. 899-904). Surabaya.
Winarti, Atiek; Leny, Y; Muhammad, N. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran “Cerdas” berbasis Teori Multiple Intelligences pada Pembelajaran IPA. Jurnal Kependidikan, 45(1), 16-28.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v8i2.4010
Article Metrics
Abstract view : 1298 timesPDF - 2442 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email : [email protected]
QUANTUM Journal Indexed by :
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License