PENGGUNAAN LKS DALAM STRATEGI PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS

Sogandi Sogandi, Rilia Iriani, Yudha Irhasyuarna

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran TTW berbantuan LKS dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran TTW tanpa berbantuan LKS pada materi reaksi redoks; (2) mengetahui respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran TTW (Think Talk Write). Metode penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 69 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah The nonequivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan angket respon. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Teknik persentase digunakan untuk analisis respon. Perhitungan uji-t menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Sedangkan untuk respon siswa sebanyak 81,47% memberikan respon positif pada kelas eksperimen dan 73,89% siswa memberikan respon positif pada kelas kontrol.


Keywords


hasil belajar; redoks; strategi pembelajaran; Think Talk Write

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, M. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Strategi Think Talk Write (TTW). Jurnal Pedagogia. 5 (2): 239-246.

Ardhi, R. (2007).Efektifitas Pembelajaran dengan Media Animasi dan LKS Mandiri pada Pokok Bahasan Pengukuran Luas dan Keliling Daerah Segi Empat terhadap Hasil belajar dan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri I Wonosobo Tahun Ajaran 2006/2007. Unnes Journal of Research Mathematics Education. Universitas Negeri Semarang. Volume 1 Juni.

Coesamin, M. (2007). Pembelajaran Persamaan Kuadrat Menggunakan Lembar Kerja Siswa Kelas I SMU. Journal PMIPA Universitas Lampung, Volume 8 nomor 1: 1-68.

Daryeni, W. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Berdasarkan Konsep Tri Kaya Parsudha Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 6 Singaraja Tahun Ajaran 2011/2012. Karmapati Journal. 1:2

Dasna, I. W dan Sutrisno. (2006). Model-model Pembelajaran Konstruktivistik dalam Pembelajaran Sains Kimia. FKIP Universitas Negeri Malang:Malang.

Diawati, C. (2011). Efektivitas Pembelajaran Think Talk Write pada Konsep Reaksi Oksidasi Reduksi Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Mengelompokkan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA, Bandar Lampung: 4.40-4.49.

Kumalasari. (2009). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas X dalam Memahami Konsep Reaksi Redoks di SMA Negeri 1 Kesamben Blitar Tahun Ajaran 2007/2008. Journal Education Research volume 3 Juni 2009.

Listiana L, Herawati Susilo, Hadi Suwono, Endang Suarsini. (2016). Empowering students’ Meta Cognitive Skills Through NewTeachingstrategy (group investigation integrated with Think Talk Write) inBiology Classroom. Journal of Baltic Science Education. 15 (3): 391-400.

Mursiti, S. (2009). Pengaruh Penggunaan Ular Tangga Redoks Sebagai Media Chemo-Edutainment Bervisi SETS Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Journal Universitas Negeri Semarang FMIPA. Volume 1 2009.

Nurmalinda. (2010). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Pembelajaran Perkembangan Konsep Redoks Menggunakan Metode Discovery-Inquiry. Jurnal Pendidikan Dasar. 6(1): 1-16

Sariningrum MI, I Ketut Mahardika, Bambang Supriadi. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Ttw (Think Talk Write) Disertai LKS Berbasis Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (4): 378-383.

Sindu, I. (2012). Pengaruh Penerapan pembelajaran Interactive Engagement (IE) berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika. 1(1)

Subroto, T. (2009). Pengaruh Media LKS Di Ruang Kelas Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Journal Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Semarang. Volume 5.

Sudijono, A. (2009). Pengantar statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suminar, RP dan Giska P. (2015). The Effectiveness of TTW (Think-Talk-Write) Strategy In Teaching Writing Descriptive Text. Perspektive. 2 (2): 299-304.

Wahyuni, R dan Efuansyah. (2018). Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 2 (1): 24-36.

Winayawati, L. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Rangkuman dan Pemahaman Matematis Materi Integral. Unnes Journal of Research Mathematics Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v10i2.5850

Article Metrics

Abstract view : 1960 times
PDF - 2382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email    : [email protected]

 

 

QUANTUM Journal Indexed by :

              

                




Creative Commons License
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License