PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN COOPERATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK TERHADAP MATERI HIDROLISIS GARAM
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anaperta, M. (2015). Praktikalitas Modul Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Generatif pada Materi Listrik Dinamis Terinstegrasi Kelistrikan Jantung. Journal Education and Science Physics. 2(1): 23-32.
Aprilia, F. & B. Sugiarto. (2013). Keterampilan Metakognitif Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam. Unesa Journal of Chemical Education. 2 (3): 36-41
Chikmiyah, C & Sugiarto, B. (2012). Relationship Between Metacognitive Knowledge and Student Learning Outcomes Through Cooperation Learning Model Type Think Pair Share on Buffer Solution Matter. Unesa Journal of Chemical Education. 1(1).
Heller, K.& Heller, P. (2010). Cooperative Problem Solving in Physics: A Users Manual. University of Minnesota. Minnesota.
Jbeili, I. (2012). The Effect of Cooperative Learning with Metacognitive Scafolding on Mathematics Conceptual Understanding and Proccedural Fluency. International Journal for Research in Education (IJRE).32, 45-71.
Livingstone, J.A. (1997). Metacognition: An Overview.Http//www.qse.buffalo.edu/fas/schuel/cep564metacog.htm. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2016.
Naziyah, N, dan S. Rohayati. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa di Kelas XI Perbankan SMK Assa’adah Bungah Gresik. Jurnal Universitas Negeri Surabaya. 3(2), 1-10.
Rahmadi, F. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Berorientasi pada Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika. Jurnal ISSN: 1978-4538.
Rifa’I dan Catharina, T.A. (2010). Psikologi Pendidikan. UNNES. Semarang.
Rudtin, N.A. (2013). Penerapan Langkah Polya dalam Model Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Persegi Panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. 1(1).
Sanjaya, R. E., Muna, K., Suharto, B., & Syahmani. (2017). Self-directed questions to improve students’ ability in solving chemical problems. Development of Chemical Education in 21st Century Learning AIP Conf. Proc. 1911, 020009-1–020009-6.
Sa’adah, D. (2017). Pengembangan Perangkat Ajar Model Core Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Kelas VII. Jurnal ISSN: Online 2356-2056.
Schunk, D.H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Setyo, A. (2011). Pembelajaran Bermakna Pendekatan SETS pada Pembelajaran Biologi untuk Menumbuhkan Kepedulian terhadap Lingkungan. Jurnal Bioma. 1(2).
Simanungkalit, R.H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 12 Pematangsiantar. Journal of Mathematics Education, Science and Technology. 1(1).
Syahmani & Uji Borneo, D. C. F. (2017).The differences of cognitive learning outcome and metacognitive skills between students who learned by using PBL and metacognitive-PBL model in salt hydrolysis material. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 100, 249-255.
Syahmani, Suyono, & Imam Supardi, Z. A. Validity of i-SMART Learning Model: An Innovative Learning to Improve Students’ Metacognitive Skills and Understanding of Chemistry. The 2nd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE), 2017,583-596.
Suprijono, A. (2012). Metode dan Model-Model Mengajar. Alfabeta. Bandung.
Wikhdah, I.M. (2015). Pengembangan Modul Larutan Penyangga Berorientasi CEP Untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 9(2).
Yudasmara, G.A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 48(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v10i2.5942
Article Metrics
Abstract view : 558 timesPDF - 730 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email : [email protected]
QUANTUM Journal Indexed by :
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License