MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI STOIKIOMETRI

Endah Savitri, Parham Saadi, Leny Leny

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi bahwa: (1) kemampuan berpikir kreatif peserta didik dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran CORE berbantuan mind mapping (2) peserta didik memberikan respon sangat baik terhadap model pembelajaran CORE berbantuan mind mapping pada materi stoikiometri. Metode penelitian kali ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan non-equivalent group design. Populasi yaitu seluruh peserta didik MAN 3 Banjarmasin. Sampel penelitian sebanyak 66 peserta didik, yaitu kelas X MIA 2 sebanyak 35 peserta didik dan 31 peserta didik di kelas X MIA 3. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif dan non tes berupa angket respon. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Penelitian menunjukkan hasil bahwa: (1) model pembelajaran CORE berbantuan mind mapping mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen (2) peserta didik memberikan respon positif pada model pembelajaran CORE berbantuan mind mapping untuk materi stoikiometri.

Keywords


CORE; mind mapping; berpikir kreatif; stoikiometri

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Buzan, T. (2006). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Brookhart, S. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: VA-ASCD.

Maftukhah, A. N., Nurhalim, K., & Isnarto. (2017). kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran model connecting organizing reflecting extending ditinjau dari kecerdasan emosional. Journal of Primary Education, 6(3), 266-275.

Munandar, U. (1999). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: Grasindo.

Mulyani, Leny, & Suharto, B. (2017). Pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar hidrolisis garam siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Banjarmasin Tahun Ajaran 2016/2017. Journal of Chemistry and Education. 1(1): 86-92.

Nikmah, H., Wildan, & Muntari. (2015). Implementasi model kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar kimia siswa ditinjau dari keterampilan berpikir kreatif. Tadris IPA Biologi, 8(1), 33-41.

Nisa, T. F. (2011). Pembelajaran matematika dengan setting model Treffinger untuk mengembangkan kreativitas siswa. Jurnal Pedagogia, 1(1), 35-50.

Nurlaila, L. (2016). Menilai Mind Map Siswa Dengan Teknologi Digital. Malang: Proseding Seminar Nasional II, 546-556.

Risnawati, Saadi, P. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar melalui pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada materi larutan penyangga. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2), 127-134.

Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Rajagrafindo.

Tenriawaru, E. P. (2014). Implementasi Mind Mapping dalam Kegiatan Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional. 1(1): 86-91.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v10i1.5944

Article Metrics

Abstract view : 1243 times
PDF - 1437 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email    : [email protected]

 

 

QUANTUM Journal Indexed by :

              

                




Creative Commons License
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License