PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) TEMATIK PADA MATERI FOTOSINTESIS TERHADAP MOTIVASI, KEMANDIRIAN, DAN HASIL BELAJAR

Yasmine Khairunnisa, Fitria Rizkiana, Herlina Apriani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan ada atau tidaknya pengaruh penggunaan LKPD tematik terhadap motivasi, kemandirian, dan hasil belajar peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan LKPD tematik terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi sebesar 0.856 dan 0.751, namun nilai rata-rata motivasi kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, (2) ada pengaruh yang signifikan penggunaan LKPD tematik terhadap kemandirian peserta didik dengan signifikansi sebesar 0.000, dan (3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan LKPD tematik terhadap hasil belajar peserta didik ditinjau dari skor N-gain dari pretest dan posttest dengan signifikansi sebesar 0.024.Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD tematik dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik, namun tidak dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.


Keywords


LKS tematik; motivasi; kemandirian; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ain, N., & Kurniawati, M. (2013). Implementasi Kurikulum KTSP Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 316-328.

Al-Maidah, A. (2015). Pengembangan Modul Tematik Sebagai Penunjang Bahan Ajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Patuk 1 Gunungkidul. Yogyakarta.

Anggraeni, F. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 01(01), 34-46.

Barron, A. B., Hebets, E. A., Cleland, T. A., Fitzpatrick, C. L., Hauber, M. E., & Stevens, J. R. (2015). Embracing Multiple Definitions of Learning. Trends in Neurosciences, 38(7), 405-407.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dixon, N., England, N., Grime, R., Henry, N., Hodgson, A., & Witney, S. (2016). AQA GCSE (9-1) Combined Science Trilogy Student Book. Hachette: Juvenile Nonfiction.

Ekowati, D. W., Utami, I. W., & Kusumaningtyas, D. I. (2017). Penerapan LKS Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas I SD Muhammadiyah 9 Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 1(2), 9-17.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81-86.

Maghfiroh, L., & Zuhdi, U. (2013). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JPGSD, 01(02), 1–13.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal MedTek, 1(2), 1-6.

Maulana. (2012). Memahami Hakikat, Variabel, dan Instrumen Penelitian Pendidikan dengan Benar. Bandung: Learn2Live 'n Live2Learn.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII(2), 1-10.

Ningtyas, R., Yunianta, T. N., & Wahyudi. (2014). Handout Pembelajaran Tematik untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas III. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(3), 42-53.

Purwatiningsi, S. (2013). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Balok. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01(01), 53-63.

Puspitadewi, S., Fitrihidajati, H., & Prastiwi, M. S. (2014). Profil LKS Materi Perubahan Lingkungan Berorientasi Kurikulum 2013 untuk Melatihkan Berpikir Kritis Siswa. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 3(2), 352-357.

Puspitasari, I. D., Nuryanti, S., & Rede, A. (2014). Perancangan Program Pembelajaran IPA Berbasis Tematik Inovatif Kelas VII SMP. Jurnal Kreatif, 17(1), 23-29.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2(1), 13-23.

Riana, C. (2012). Media Pembelajaran. In KEMENAG-RI, Komputer dan Media Pendidikan di Sekolah Dasar (pp. 5(1)-5(39)). Jakarta: KEMENAG RI.

Shen, M. M. (2013). Pembelajaran Penemuan Terbimbing IPA di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau dari Kemandirian Siswa. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368-378.

Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 144-155.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D) (10th ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suhendri, H., & Mardalena, T. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105-114.

Suyanti. (2013). Pengaruh Frekuensi Penggunaan Media Pembelajaran LKS Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Geografi, 97-106.

Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121-130.

Utami, K. N., & Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, VII(1), 14–25.

Wahyuningsih, F., Saputro, S., & Mulyani, S. (2014). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Hidrolis Garam untuk SMA/MA. Jurnal Paedagogis, 17(1), 94-103.

Wastono, F. (2015). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pada Mata Diklat Teknologi Mekanik dengan Metode Problem Based Solving. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 396-400.

Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Yogyakarta: FMIPA Kimia UNY.

Widodo, W., Rachmadiarti, F., & Hidayati, S. N. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Semester I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Widodo, W., Rachmadiarti, F., Hidayati, S. N., Suryanda, A., Cahyana, U., Kistinah, I., et al. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-191.

Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 11-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v10i2.6423

Article Metrics

Abstract view : 8687 times
PDF - 7493 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email    : [email protected]

 

 

QUANTUM Journal Indexed by :

              

                




Creative Commons License
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License