ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATAKULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN
Abstract
Proses belajar mengajar merupakan kegiatan yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk mengkonstruksi pengetahuan peserta didiknya. Pemahaman konsep memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar dan merupakan dasar dalam mencapai hasil belajar. Pemahaman konsep yang dimiliki oleh mahasiswa dapat digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada kaitannya dengan konsep yang dimiliki. Dalam hal pemahaman konsep, mahasiswa tidak hanya sebatas mengenal, tetapi harus dapat menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengukur tingkat pemahaman konsep mahasiswa Pendidikan Biologi pada matakuliah fisiologi tumbuhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata nilai pemahaman konsep mahasiswa Pendidikan Biologi pada matakuliah fisiologi tumbuhan berada pada kategori cukup. Indikator pemahaman konsep dengan persentase tertinggi yaitu indikator kemampuan memberi contoh dari konsep yang telah dipelajari dengan persentase 92,59%, sedangkan indikator dengan persentase terendah yaitu indikator kemampuan mengaitkan berbagai konsep yang telah dipelajari dengan persentase 0% untuk salah satu kelas sampel. Faktor penyebab rendahnya pemahaman konsep mahasiswa yaitu sulit memahami soal, kemampuan akademik yang berbeda, kompleksitas materi fisiologi tumbuhan, retensi yang lemah, serta proses pembelajaran yang kurang mendukung
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhani, A. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching Dan Kemampuan Akademik Terhadap Aktivitas Lisan Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3), 148-158.
Adhani, A., & Muhhamad, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII. 5 SMPN 8 Tarakan Melalui Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Borneo Journal Of Biology Education, 1(1), 89-98.
Adlim, M., Wilyta, I., Hasan, M. (2017). Model Analisis Penyebab Rendahnya Penguasan Konsep yang Diuji Dalam Ujian Nasional (Kajian Pada Materi Ilmu Kimia Pada Siswa SMA/MA Sekitar Kampus Unsyiah). Jurnal Pencerahan, 11(1), 15-27.
Arends, R. (2012). Learning To Teach Tenth Edition. New York: Mcgraw-Hill Education.
Chiu, M. (2001). Algorithmic Problem Solving and Conceptual Understanding Of Chemistry By Students At A Local High School In Taiwan. Proceeding National Science Council. ROC(D).,11(1), 20-38.
Christensen H. J., & Mighty, J., E. (2010). Taking Stock: Research On Teaching And Learning In Higher Education. Montreal & Kingston: Mcgill Queen’S University Press.
Dasari, D. (2002). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Proceeding National Science Education Seminar. Malang: Universitas Negeri Malang.
Ebenezer, J., Chacko, S., Kaya, O. N., Koya, S. K. & Ebenezer, D. L. (2010). The Effects Of Common Knowledge Construction Model Sequence of Lessons On Science Achievement And Relational Conceptual Change. Journal Of Research In Science Teaching, 47(1), 25-46.
Fajarwati, S & Munifah. (2010). Penerapan Reciprocal Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI Akutansi RSBI. Skripsi. Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Yogyakarta.
Gobec, K., Strgar, J. (2019). Agricultural Students’ Knowledge Of Photosynthesis And The Contextual Factors That Influence It. Journal of Baltic Science Education, 18 (1). 6-18.
Gregoire, M. (2003). Is It Challenge Or A Threat: A Dual-Process Model Of Teachers' Cognition And Appraisal Processes During Conceptual Change. Educational Psychology Review, 15(2), 147-179.
Haug, B.S., Odegaard, M. (2014). From Words To Concepts: Focusing On Word Knowledge When Teaching For Conceptual Understanding Within An Inquiry-Based Science Setting. Res Sci Educ 44, 777–800.
Hindriana, A.F. (2014). Pembelajaran Fisiologi Tumbuhan Terintegrasi Struktur Tumbuhan Berbasis Kerangka Instruksional Marzano Untuk Menurunkan Beban Kognitif Mahasiswa. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Iqbal, M., Mahanal, S., Zubaidah, S., Corebima, A. D. (2015). Pengaruh Tingkat Kemampuan Akademik Siswa SMA Kota Malang Terhadap Sikap Pada Ekosistem Sungai. Bioedukasi, 13(2), 21-26.
Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777-785.
Mamu, H. D. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik Dan Interaksinya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif IPA Biologi. Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), 1-11.
Meyer, J.H.F. (2010). Helping Our Students: Learning, Metalearning, And Threshold Concepts. In J. Christensen Hughes & J. Mighty (Eds.), Taking Stock. Research On Teaching And Learning In Higher Education. Montreal & Kingston: Mcgill-Queen's University Press.
Puk, T., Stibbards, A. (2010). Ecological Concept Development In Preservice Teacher-Candidates: Opaque Empty Shells. International Journal Of Environmental And Science Education, 5(4), 461-476.
Puk, T., Stibbards, A. (2011). Growth In Ecological Concept Development And Conceptual Understanding In Teacher Education: The Discerning Teacher. International Journal Of Environmental & Science Education, 6(3), 191-211.
Putri, P. M. (2012). Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Turunan Melalui Pembelajaran Teknik Probing. FMIPA Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 68-72.
Rosanti, D. (2013). Morfologi Tumbuhan. Edisi Ke-1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Siregar, L. K. (2017). Korelasi Pemahaman Konsep Aljabar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 7(1), 22-33.
Suraji, Maimunah, Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal Of Mathematics Education, 4(1), 9-16.
Susanto, A. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada-Media Group.
Tambunan, T. J. (2015). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Metabolisme Di Kelas XII IPA SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Tjandra, M. (2005). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Vallori, A.B. (2014). Meaningful Learning In Practice. Journal Of Education And Human Development, 3(4), 199-209.
Widodo, A. (2006). Taksonomi Bloom Dan Pengembangan Butir Soal. Buletin Puspendik. 3(2), 18-29.
Wijayanti, A. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Dasar Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Pijar MIPA, 11 (1), 15-21.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v11i1.8035
Article Metrics
Abstract view : 3111 timesPDF - 3407 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher:
Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email : [email protected]
QUANTUM Journal Indexed by :
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License