MENINGKATKAN KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM SOLVING BERORIENTASI TAI PADA MATERI STOIKIOMETRI

Puput Rahayu, Iriani Bakti, Parham Saadi

Abstract


Penelitian untuk meningkatkan keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi problem solving berorientasi TAI  pada materi stoikiometri di SMAN 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas guru, (2) aktivitas peserta didik, (3) keterampilan metakognisi, (4) hasil belajar pengetahuan (5) respon peserta didik menggunakan strategi problem solving berorientasi TAI. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitiannya yaitu peserta didik kelas X MIPA 3 dengan jumlah 35 peserta didik. Instrumen penelitiannya yaitu instrumen aktivitas guru, aktivitas peserta didik, instrumen tes keterampilan metakognisi, instrumen tes hasil belajar pengetahuan dan angket respon. Adapun hasil penelitian yaitu (1) aktivitas guru meningkat dari kategori baik dengan persentase 72,32% menjadi sangat baik dengan persentase 87,77%; (2) aktivitas peserta didik meningkat dari kategori cukup aktif dengan persentase 68,25% menjadi aktif dengan persentase 89,50%; (3) keterampilan metakognisi peserta didik meningkat dari kategori mulai berkembang dengan baik dengan persentase 49,70% menjadi sudah berkembang dengan baik dengan persentase 75,22%; (4) hasil belajar peserta didik meningkat dari 68,88% menjadi 91,03% (5) respon peserta didik menunjukkan respon yang baik dengan persentase 76,79%.


Keywords


Keterampilan metakognisi, Hasil Belajar Pengetahuan, Model Pembelajaran TAI, Strategi Problem Solving, Materi Stoikiometri

Full Text:

PDF

References


Andayani, E., Sudirman, & Askury. (2012). Penerapan Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Ardjuna Malang.

Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Edumatica, 01(01), 25-32.

Aprilia, F., & Sugiarto, B. (2013). Keterampilan Metakognitif Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam. Unesa Journal of Chemical Education, 2(3), 36-41.

Darmawan, E., Brasilita, Y., Zubaidah, S., & Saptasari. (2018). Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Berbeda Gender dengan Model Pembelajaran Simas Eric di SMAN 6 Malang. Jurnal Pendidikan Biologi (BiosferJPB), 1(11), 47-56.

Hidayati, S & Syahmani. (2016). Meningkatkan Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Self Regulated Learning (SRL) pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2), 139-146.

Ishartono, B., Ashadi, & Susilowati, E. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Peer Toutoring Dilengkapi Hierarki Konsep untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Materi Stoikiometri. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 10-19.

Komariah, K. (2011). Penerapan Metode pembelajaran Problem Solving Model Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian. Yogyakarta: Fakultas MIPA.

Kusasi, H, M & Mahmudin. (2016). Model Problem Solving Sebagai Salah Satu Alternatif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia. Banjarmasin: FKIP ULM.

Mahmud, R. (2013). Meningkatkan Self-Efficacy Pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Pada Siswa Kelas VIIA SSMPN 27 Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (Mapan), 1(1), 110-112.

Nisa, K., & Leonard. (2018). Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan Strategi Tugas dan Paksa. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. Program Studi Pendidikan Matematika.

Romli, M. (2010). Startegi Membangun Metakognisi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika. Diakses melalui HYPERLINK

http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksomia/article/view/56 pada tanggal 29 Januari 2019.

Sadeghi, N., Kasim, Z. M., & Tan, B. H. (2012). Learning Styles, Personality Types and Reading Comprehension Performance. Journal English Language Teaching, 5(4), 116-123.

Sanjaya, R.E, Syahmani, & Suharto, B. (2014). Penggunaan Metode IMPROVE untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Larutan Penyangga, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di Kelas XI IPA 4 SMAN 1 Banjarmasin. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5(1), 67-68.

Setyoko, H., Mulyani, S., & Yamtinah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Menggunakan Strategi Peta Konsep untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Lintas Minat Kimia. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 2(3), 178-190.

Sukaisih, R. &. (2014). Meningkatkan Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penenrapan Pembelajaran Problem Solving. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematka dan IPA (Prisma Sains), 2(1), 244-255.

Untari, S. U. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Team Assised Individualization Dilengkapi Macromedia Flash Untuk Mseningkatkan Kemampuan Analisis dan Prestasi Belajar pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa SMAN 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(1), 1-9.

Utomo, D. P. (2012). Pembelajaran Lingkaran dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Versi Polya pada Kelas VIII di SMP PGRI 01 DAU. Jurnal Widya Warta, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v11i1.8293

Article Metrics

Abstract view : 1535 times
PDF - 1712 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:

Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email    : [email protected]

 

 

QUANTUM Journal Indexed by :

              

                




Creative Commons License
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License