KAJIAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Dian Oktavia Pandi, Radite Yogaswara, Murtihapsari Murtihapsari

Abstract


Model cooperative learning tipe think-pair-share dapat menilai hasil belajar siswa yang melibatkan peserta didik secara optimal dalam proses pembelajaran dimulai dari merencanakan topik-topik yang akan dipelajari,  mendiskusikan topik suatu materi, hingga melakukan presentasi kelompok dan evaluasi. Jenis model pembelajaran dapat dilakukan secara eksperimen semu (Quasi-Eksperimental) dengan posttest-only control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan tes hasil belajar siswa.

Keywords


Model, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmad, F. Gani, T & Tanre, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar peserta didik dalam materi kimia kelas XI IPA SMAN 4 Makassar. Chemistry education review, pendidikan kimia PPs UNM, (1)1:84-91.

Albertus, A. Masriani & Lukman,H. (2015). Pengaruh Model Kooperatif tipe think-pair-share (TPS) Terhadap Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa pada materi redoks. Jurnal Pendidikan kimia. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

De Porter, Bobbi & Hernacki Mike. (2002). Quantum Learning. Mizan . Bandung: Media Utama.

Gulo. W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Grasindo .

Hariyanto & Warsono. (2016). Pembelajaran Aktif (Teori dan Asesmen). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Joyce, Bruce & Marsha Weil. (1980). Model of Teaching, fifth Edition. USA: Allyn And Bacon A simon & Scuster Company.

Junita, Y & Purba L.S.L. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) D SMAN 92 Jakarta. JDP Vol, 12 No.01 (4154)

Lestari, S & Ningrum. (2016). Pengaruh penggunaan cooperative learning tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X semester genap SMK KARTIKAMA 1 METRO T.P 2015/2016. Program studi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Muhammadyah Metro, Vol.4 No.01 (21-34)

Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di ruang kelas. Jakarta: PT Grasindo

Margaret, B dkk. (2008). “I would rather die”: reasons given by 16-year-olds for not continuing their study of mathematics. Institute of Education, University of London, UK.

Miftahul, H. (2012). Cooperative Learning. Metode, Teknik, Struktur, dan Model pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Prasetyo, A.T. Sutrisno & Mudzanatun. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantu Permainan Teka-Teki Berantai Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN GAYAMSARI 01 Semarang. Universitas PGRI Semarang. Vol.6.No.1

Salam, M. Muharram & Aulia, A. (2016). Pengaruh media animasi dalam model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X Sains SMAN 1 Pinrang studi pada materi pokok ikatan kimia. Jurnal chemicha, Vol.14 (103-112).

Slameto, (2015). Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Rineka Cipta

Sepdyana, K.K. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X. Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia. (2) :01

Slameto, A. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Surayya, L. Subagia, I.W, & Tika I.N. (2014). Pengaruh model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.4

Sofian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadaphasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistempersamaan Linear Tiga Variabelkelas X SMA Negeri 1 Ngadiluwih. Artikel skripsi.universitas nusantara PGRI Kediri. Simki-Techsain Vol.02 No.03

Sugiyono. (2013). Metode Penulisan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syafriatna, I & Yushita, A.N. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal pendidikan akuntansi Indonesia, Vol.XVII, No.2, (16-26)

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v11i2.8685

Article Metrics

Abstract view : 551 times
PDF - 562 times

Refbacks



Publisher:

Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
University of Lambung Mangkurat
website : https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/quantum/index
email    : [email protected]

 

 

QUANTUM Journal Indexed by :

              

                




Creative Commons License
QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License