MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII E RSBI SMPN 6 BANJARMASIN PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS WEB

Uswatun Nida

Abstract


Pembelajaran konsep sistem peredaran darah pada manusia biasa diajarkan di SMPN 6 RSBI Banjarmasin dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga beberapa siswa merasa sulit untuk memahami pelajaran, siswapun masih banyak yang belum mencapai ketuntasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa,  untuk mengetahui aktivitas guru selama kegiatan belajar mengajar, dan untuk mengetahui respon siswa pada kelas VIII E SMPN 6 RSBI Banjarmasin tahun ajaran 2012/2013 pembelajaran konsep sistem peredaran darah pada manusia dengan menggunakan pembelajaran berbasis web yang melibatkan 24 siswa yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 15 orang perempuan sebagai subjek penelitian. Metode penelitian adalah deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, untuk siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis web dalam pembelajaran konsep sistem peredaran darah pada manusia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa diketahui mengalami peningkatan dari siklus I ke II diantaranya siswa bersikusi dan ketika menyimpulkan pelajaran bersama. Aktivitas guru meningkat, aktivitas 1 meningkat menjadi 24 dan aktivitas 2-7 meningkat menjadi 4 dan setiap pertemuan guru tidak lagi terlalu mendominasi jalannya proses pembelajaran. Hasil ketuntasan klasikal pada siklus I yang memiliki nilai rata-rata 51.80 dan pada siklus II meningkat menjadi 95.83; dan untuk hasil selama proses pada siklus I yaitu sebesar 87,20% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 95.50% dengan kategori baik. kemudian respon siswa mengenai pembelajaran berbasis web menyatakan 40% sangat setuju dan 47,50% menyatakan setuju, sehingga pembelajaran menggunakan berbasis web disimpulkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem peredaran darah.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.