MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BANJARBARU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH

Risma Zuraida

Abstract


Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pembelajaran Biologi SMA Negeri 2 Banjarbaru di kelas X pada tahun 2011/2012, masih dilakukan secara konseptual dan jarang melakukan kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar dan aktivitas siswa pada proses pembelajaran, mendeskripsikan aktivitas guru, serta mengetahui respon siswa dan respon guru terhadap kegiatan pembelajaran konsep Pencemaran Lingkungan dengan menggunakan model PBM. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.3 SMA Negeri 2 Banjarbaru sebanyak 28 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model PBM dapat meningkatkan kemampuan belajar konsep Pencemaran Lingkungan pada siswa kelas X.3 SMA Negeri 2 Banjarbaru tahun ajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan oleh hasil belajar produk siswa pada siklus 1 sebesar 65,38% dan pada siklus 2 sebesar 92,59%. Sedangkan hasil belajar proses siswa pada siklus 1 sebesar 84,61% dan pada siklus 2 sebesar 88,88%. Hasil selama proses pembelajaran pada siklus 1 maupun siklus 2 tergolong kategori baik sekali. Keterampilan berpikir, kemampuan berkarakter dan keterampilan sosial siswa pada siklus 1 dan siklus 2 tergolong baik. Proses pembelajaran berpusat pada siswa, dan pembelajaran ini mendapatkan respon yang positif dari siswa dan guru

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.