MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 21 BANJARMASIN PADA KONSEP SISTEM DALAM KEHIDUPAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Nura Nura

Abstract


Pembelajaran konsep Sistem dalam Kehidupan Tumbuhan di kelas VIIIB SMP Negeri 21 Banjarmasin sebagian besar masih dilakukan secara konseptual. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian pada pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan tujuan dari disajikannya mata pelajaran IPA itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa yang meliputi aktivitas siswa, mendeskripsikan aktivitas guru, meningkatkan hasil belajar siswa serta mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran konsep sistem dalam kehidupan tumbuhan dengan menggunakan pembelajaran Inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 21 Banjarmasin tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 orang. Indikator keberhasilan proses belajar siswa ditunjukkan dengan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa selama kegiatan pembelajaran. Aktivitas siswa mengalami peningkatan  dari siklus 1 ke siklus 2 yang terlihat dari tindakan siswa dalam setiap sintak pembelajaran dengan inkuiri terbimbing yang telah diamati selama proses pembelajaran. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 baik dari pertemuan 1 dan pertemuan 2 dan dikategorikan cukup baik. Demikian juga, pada ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II sebesar 16,54%. Respon siswa mengenai inkuiri terbimbing juga menyatakan sangat terbantu dalam pembelajaran. Hal dapat dilihat dari 40% siswa menyatakan sangat setuju dan setuju 56,67% serta sedang 3,33% terhadap kegiatan pembelajaran dengan inkuiri terbimbing. Pembelajaran dengan inkuiri terbimbing disimpulkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Negeri 21 Banjarmasin. 

 Kata kunci : Konsep sistem dalam kehidupan tumbuhan, pembelajaran inkuiri terbimbing, aktivitas, hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.