MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA PGRI 6 BANJARMASIN PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH

Noor Jannah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan belajar biologi selama proses pembelajaran melalui penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada siswa kelas XI IPA SMA PGRI 6 Banjarmasin. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia. Siswa menjadi lebih aktif selama proses pembelajaran. Indikator keberhasilan dilihat dari meningkatnya ketuntasan klasikal sebanyak 52,7% dari Siklus I ke Siklus II (35,3% menjadi 88,0%). Hasil LKS meningkat sebanyak 9,09% dari Siklus I ke Siklus II (78,4% menjadi 87,5%) dengan kategori baik. Sebanyak 70,5% siswa memberikanrespon positif pada penggunaan model ini.

 Kata kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Konsep Sistem Peredaran Darah,   

                         Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM)

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.