MENGATASI KESULITAN MEMAHAMI KONSEP SISTEM REGULASI MELALUI STRATEGI METAKOGNITIF PADA SISWA KELAS XI IPA SMA PGRI 6 BANJARMASIN

Sisca Pratiwi Andriani, Siti Wahidah Arsyad, Noor Ichsan Hayani

Abstract


Berdasarkan informasi guru Biologi SMA PGRI 6 Banjarmasin materi Konsep Sistem Regulasi sulit dipahami oleh siswa. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) pelajaran biologi pada konsep sistem regulasi yaitu ≥ 75 pada tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran melalui strategi metakognitif dengan menggunakan peta konsep dan matriks ingatan pada konsep sistem regulasi khususnya pada materi sistem saraf dan sistem endokrin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA PGRI 6 Banjarmasin tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menghasilkan kesulitan belajar siswa dapat diatasi dengan membaca bahan ajar, membuat peta konsep, membuat matriks ingatan dan berdiskusi. Hasil belajar siswa yang diukur melalui tes hasil belajar berupa peningkatan pretes ke postes pada siklus I pertemuan 1 (60,60%), siklus I pertemuan 2 (60,60%), siklus II pertemuan 1 (77,41%) dan siklus II pertemuan 2 (96,87%). Proses pembelajaran melalui LKS secara umum menunjukkan kategori baik dengan nilai 187-402. Pembelajaran melalui strategi metakognitif dengan menggunakaan peta konsep dan matriks ingatan mendapatkan respon positif dari  siswa dengan 53,12% siswa setuju dan 46,87% siswa sangat setuju.

 Kata kunci: kesulitan, memahami konsep sistem regulasi, metakognitif, peta konsep, matriks ingatan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.