IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 BANJARMASIN PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

Noorliani Noorliani, Noorhidayati Noorhidayati, Aulia Ajizah

Abstract


Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) merupakan suatu model pembelajaran yang didasarkan pada banyaknya permasalahan yang membutuhkan penyelidikan autentik. Konsep Pencemaran Lingkungan merupakan materi yang diajarkan pada kelas X semester genap di SMA/MA (KTSP 2006). Berdasarkan informasi salah satu guru Biologi di SMA Negeri 10 Banjarmasin pembelajaran konsep Pencemaran Lingkungan tahun 2013/2014 masih dilakukan secara konseptual. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Biologi yang ditetapkan sekolah 70, masih ada sekitar 14% siswa dari 131 siswa yang belum mencapai standar (KKM) tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) terhadap hasil belajar (kognitif produk dan proses) siswa  kelas X SMA Negeri 10 Banjarmasin pada konsep Pencemaran Lingkungan. Sampel penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas X-3 (kelas eksperimen) dan 32 orang siswa kelas X-2 (kelas kontrol). Analisis data menggunakan teknik analisis kovarian dengan menggunakan program Statistical Analysis System (Program SAS 6.04). Hasil penelitian menyatakan 1) Hasil belajar kognitif produk menunjukkan perbedaan signifikan (F= 49,13; P= 0,0001) sumbangan efektif 0,61 artinya 61% dipengaruhi model PBM dan 39% dipengaruhi oleh faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. 2) Hasil belajar kognitif proses juga menunjukkan perbedaan signifikan (F= 25,95; P= 0,0001) sumbangan efektif 0,45 artinya 45% dipengaruhi model PBM dan 55% dipengaruhi oleh faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol.

Kata kunci: Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Hasil Belajar, Konsep Pencemaran Lingkungan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.