MENINGKATKAN HASIL DAN PROSES BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA PGRI 6 BANJARMASIN PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (SIKLUS BELAJAR)

Zayuk Novita Fasha, Siti Wahidah Arsyad, Noor Ichsan Hayani

Abstract


Berdasarkan informasi guru Biologi SMA PGRI 6 Banjarmasin sistem ekskresi kurang dipahami oleh siswa karena pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan proses belajar siswa kelas XI IPA SMA PGRI 6 Banjarmasin, serta mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran melalui Learning Cycle pada konsep Sistem Ekskresi. Penelitian  ini merupakan PTK yang dirancang dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA PGRI 6 Banjarmasin tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 34 orang. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase ketuntasan individual (≥ 75) dan ketuntasan klasikal (≥ 85%) dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan klasikal dari pretes ke postes pada siklus 1 pertemuan 1 sebesar 62,50% dan 76,47% pada pertemuan 2, sementara pada siklus 2, baik pertemuan 1 maupun 2 memiliki peningkatan yang sama yaitu 78,79%. Hasil penilaian LKS menunjukkan peningkatan sebesar 13,44% dengan kategori baik sekali. Aktivitas siswa dapat dikatakan baik karena terdapat 7 dari 13 parameter yang diamati mengalami peningkatan pada kegiatan pembelajaran siklus 1 dan siklus 2. Pembelajaran menggunakan model Learning Cycle  mendapatkan respon positif dimana 48,48% siswa sangat setuju, serta 51,52% siswa setuju.

 Kata kunci : Hasil dan Proses Belajar, Sistem Ekskresi, Learning Cycle         (Siklus Belajar)


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF - 23 times

Refbacks