PENGARUH PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARANSUBKONSEPPERUBAHANLINGKUNGANTERHADA P HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 BANJARMASIN

Indrawati Indrawati, Noorhidayati Noorhidayati, Hardiansyah Hardiansyah

Abstract


Subkonsep Perubahan Lingkungan dalam kurikulum 2013 diajarkan pada semester ganjil kelas X di SMA/MA. Pelaksanaan kurikulum 2013 menekankan pendekatan kontekstual dan scientific dengan penilaian aspek kognitif, psikomotor dan afektif secara terpadu. Berdasarkan observasi hasil belajar siswa kelas X pada UTS semester ganjil 2013/2014 terdapat nilai rata-rata 68 (tertinggi 84,terendah 62). Meskipun penerapan model pembelajaran bervariasi, namun hasilnya masih belum memuaskan. Salah satu alternatif agar proses pembelajaran lebih bermakna dan siswa aktif, guru dapat menggunakan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh penerapan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran Subkonsep Perubahan Lingkungan terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan kuasi eksperimen Nonequivalent control group design (Sugiyono, 2013).Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Banjarmasin, yang berjumlah 134 orang. Sampel ditetapkan sebanyak dua kelas yaitu, kelas kontrol Peminatan Bio 2 sebanyak 30 orang dan kelas perlakuan X MIA 3 sebanyak 30 orang. Analisis data menggunakan SAS 6.04 dengan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model inkuiri terbimbing pada pembelajaran Subkonsep Perubahan Lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Terdapat perbedaan signifikan antara nilai hasil belajar siswa kelas kontrol dan siswa kelas perlakuan (tes tertulis F=6,18;Pr=0,0037) dan (tes unjuk kerja F=39,38;Pr=0,0001). Keterampilan berpikir kritis meningkat (2,6 menjadi 3,5) dengan kategori baik.

Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Perubahan Lingkungan, Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis


Full Text:

PDF

References


Amri, Sofyan & Ahmadi, Iif khoiru.2012. PROSES PEMBELAJARAN INOVATIF DAN KREATIF DALAM KELAS Metode, Landasan Teori-Praktis dan Penerapannya. PT.Prestasi Pustakarya, Jakarta.

Arikunto, Suharsismi. 2010. Penelitian Tindakan untuk Kepala Sekolah & Pengawas. Aditya Media, Yogyakarta.

Depdiknas. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Indonesia.http://www.depdinas/2012/02/dokumenkurikulum2013pdfdiakses 28 Desember 2013

Depdiknas. 2013. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA).Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Indonesia. http://www.depdinas/2012/02/dokumenkurikulum2013pdfdiakses 28 Desember 2013

Djamarah, Syaiful, B. 2011. Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengarhi. Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.


Article Metrics

Abstract view : 26 times
PDF - 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.